Rumitnya pembunuhan para mata-mata Rusia


Setelah lama gak dapet berita” yang greget buat bahan postingan, apalagi pas tau klo ternyata cro circle belum tentu atau mungkin kemungkinan besar gak mengandung radioaktif, baik sinar alfa, beta maupun gamma. Saya coba browsing tentang rahasia si radioaktif ini dan jengjeeeeeng! tiba” teringat kasusnya Munir..

TEMPO Interaktif, LONDON: Racun digunakan mengakhiri nyawa Alexander Litvinenko, mantan agen rahasia Rusia yang tinggal di Inggris.
Para pakar yakin kasus pembunuhan Litvinenko ini melibatkan pengetahuan ilmiah yang lumayan tinggi. Soalnya, racun yang ditemukan dalam dosis tinggi di tubuh Litvinenko adalah bahan radioaktif polonium-210 dosis tinggi yang sukar diperoleh.
Jejak radiasi ditemukan di lima lokasi di seputar London setelah kasus itu terjadi, termasuk sebuah restoran sushi dan hotel yang dikunjungi bekas agen rahasia yang tinggal di Inggris itu. Yang menjadi misteri adalah unsur radioaktif itu amat sulit diperoleh dan sulit dideteksi.
Continue reading

Advertisements

How to solve the radioactivities


Kemaren” pada dapet soal tapi belum tau rumus”nya ya? nih sekarang saya kasih tau dikit” rumusnya yaa.. hehehe
plis kalo ada tambahan langsung komen aja ya.. 🙂
KERADIOAKTIFAN BUATAN

Perubahan inti yang terjadi karena ditembak oleh partikel.

Prinsip penembakan:

Jumlah nomor atom sebelum penembakan = jumlah nomor atom setelah penembakan.
Jumlah nomor massa sebelum penembakan = jumlah nomor massa setelah penembakan.
Misalnya: 714 N + 24 He ® 817 O + 11 p

Continue reading

Hubungan Radioaktif dan UN!!


heeeey teman”.. baru ketemu lagi nih yaa berhubung kemaren” sibuk di sekolah (loh bukannya libur ya?). sudah tidak usah di bahas..
karena yg pengen saya bahas kali ini adalah HUBUNGAN RADIOAKTIF DENGEN UN! loh,emang ada ya? wess.. ada dong. hal ini di buktikan dengan munculnya soal yang berkaitan dengn radioaktif di SKL UN dari tahun ke tahun. Jujur saya juga yg sedang berusaha untuk ngerjain soal” UN taun kemaren tuh agak belet alias gak bs ngisi pertanyaan mengenai radioaktivitas ini.. berikut contoh soalnya..

(1) UN Fisika 2008 P4 No. 40
Massa unsur radioaktif suatu fosil ketika ditemukan adalah 0,5 gram. Diperkirakan massa unsur radioaktif yang dikandung mula -mula adalah 2 gram. Jika waktu paruh unsur radioaktif tersebut 6000 tahun maka umur fosil tersebut adalah….
A. 18.000 tahun
B. 12.000 tahun
C. 9.000 tahun
D. 6.000 tahun
E. 2.000 tahun
Continue reading

HASIL Biomedis APOLLO – RADIASI PERLINDUNGAN DAN INSTRUMENTASI


HASIL Biomedis APOLLO – RADIASI PERLINDUNGAN DAN INSTRUMENTASI
oleh Vernon J. Bailey dan Lyndon B. Johnson Space Center

Pengantar

Radiasi matahari dan kosmik yang ditemukan di ruang angkasa telah lama dikenal sebagai bahaya yang mungkin dalam perjalanan ruang angkasa. Paparan radiasi tersebut memiliki potensi menyebabkan masalah medis serius. Sebagai contoh, paparan radiasi bisa menghasilkan sejumlah perubahan signifikan dalam berbagai elemen darah, membuat individu lebih rentan terhadap penyakit; juga, radiasi pengion tipe yang ditemukan di ruang angkasa dapat menghasilkan kerusakan yang signifikan pada lensa mata. paparan Radiasi juga dapat menyebabkan kerusakan sementara atau kekal terhadap sistem reproduksi mulai dari kesuburan berkurang menjadi kemandulan permanen. Tingkat kerusakan tergantung pada jaringan yang terlibat, lama pemaparan, dosis yang diterima, dan faktor lainnya.
Continue reading