How to solve the radioactivities


Kemaren” pada dapet soal tapi belum tau rumus”nya ya? nih sekarang saya kasih tau dikit” rumusnya yaa.. hehehe
plis kalo ada tambahan langsung komen aja ya.. 🙂
KERADIOAKTIFAN BUATAN

Perubahan inti yang terjadi karena ditembak oleh partikel.

Prinsip penembakan:

Jumlah nomor atom sebelum penembakan = jumlah nomor atom setelah penembakan.
Jumlah nomor massa sebelum penembakan = jumlah nomor massa setelah penembakan.
Misalnya: 714 N + 24 He ® 817 O + 11 p

Continue reading

Advertisements

Radioaktivitas :)


Di postingan sebelumnya kita udah pernah denger naruto ngobrol ma doraemon kan? Nah itu tuh ngebahas tentang paruh waktu,mungkin sebagian dari kalian belum ngerti sebenrnya paruh waktu tuh apa sih? trus yg si doraemon maksud kalo paruh waktu radioaktif bisa memperkirakan umur suatu benda tuh gimana?

Waktu paruh didefinisikan sebagai lamanya zat radioaktif melakukan peluruhan hingga banyaknya inti sisa adalah setengah dari banyaknya inti mula-mula. Nanti akan di dapatkan rumus



Faktor T ½ dinamakan waktu paruh. Waktu paruh dari beberapa zat radioaktif telah diketahui melalui berbagai percobaan dan pemodelan.

Contoh :
Waktu paruh dari Au-198 adalah 3 hari, tentukan tetapan peluruhnya?

λ = = 0,231

Selain itu radioaktivitas juga punya yang namanya peluruhan.

Sebagai contoh inti induk uranium ( mengalami peluruhan berantai hingga mencapai inti stabil  . Selisih nomor massa inti induk A = 238 dan nomor massa inti stabil A’ = 206 adalah 32, dan selisih nomor atomnya 10. Ini menunjukkan pola radiasi sinar radioaktif yang dihasilkan adalah 4n + 2, dengan adalah bilangan bulat. Dengan demikian akan diperoleh empat deret peluruhan yang paling mungkin mengikuti aturan 4n, 4n+1, 4n+2, 4n+3. Dari Pola radiasi ini diketahui 4 buah deret radioaktif yang terkenal, yaitu

Continue reading

Perbincangan Naruto-Doraemon-Cinta Fitri


Pada suatu hari,3 pemain film dengan kisah yg kayaknya gatau kapan bakal tamat,kebetulan bertemu di sebuah taman di bandung tepatnya di daerah Cisangkuy atau yg biasa disebut orang jepang dengan nama daerah shibuya.

“Hey to”. Sapa Doraemon saat melihat kawannya yang bernama sunarto,eh naruto melewati taman.  Ternyata narotu tidak sendiri,ia berjalan bersama fitri,pemain film yg tak kalah heboh dari film naruto dan doraemon.

“Hey mon. Lagi ngapain disini? gak syuting?”. Tanya naruto.

“Aduh,cape nih,to. Gak beres-beres film gue”. Jawab doraemon. “Lu kapan beres tuh pelem?”. Tanya doraemon balik.

“Waduh,iya nih. Gue juga gatau kapan kelar nih pelem”. lalu tiba-tiba fitri menyela.

“Iya,aku bingung deh. Kapan sinetron aku bakal beres? padahal suami aku kan udah gak amnesia lagi. Masa cinta fitri mau ada sampe episode cinta fitri shippuden?”.

“Nah,aku ada kabar baik nih. Kita bisa menentukan umur suatu benda dengan teori peluruhan zat radioaktif loh”. Jelas Doraemon.

“Wes,gaya bgt. tau darimana kamu mon?”.

“Nobita kemaren abis taubatan nasuha. Kan bentar lagi UN dan SNMPTN,jadi dia belajar. Nah salah satu yang dipelajari ya tentang radioaktif ini”.

Doraemonpun melanjutkan. “jadi gini loh,umur dari suatu benda bisa ditentukan dengan menggunakan nuklida radioaktif yang waktu peluruhannya (umur paro) jauh lebih panjang, terutama K-40 (Kalium), Rb-87 (Rubidium) atau U-238 (Uranium). Secara berurutan, masing-masing dari ketiga nuklida-induk itu bakal menghasilkan niklida-anak: Ar-40 (Argon), Sr-87 (Strontium), Pb-206 (Timbal).  Contohnya ini nih. Continue reading