Pembahasan Soal” UN yang kemaren.. :D


UN Fisika 2008 P4 No. 40
pembahsan waktu paruh
radioaktivitas

UN Fisika 2009 P04 No. 40
Pembahasan
C-14 dimanfaatkan untuk memperkirakan usia fosil (sisa makhluk hidup yang telah membatu) atau batuan (yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup)
Continue reading

Advertisements

Hubungan Radioaktif dan UN!!


heeeey teman”.. baru ketemu lagi nih yaa berhubung kemaren” sibuk di sekolah (loh bukannya libur ya?). sudah tidak usah di bahas..
karena yg pengen saya bahas kali ini adalah HUBUNGAN RADIOAKTIF DENGEN UN! loh,emang ada ya? wess.. ada dong. hal ini di buktikan dengan munculnya soal yang berkaitan dengn radioaktif di SKL UN dari tahun ke tahun. Jujur saya juga yg sedang berusaha untuk ngerjain soal” UN taun kemaren tuh agak belet alias gak bs ngisi pertanyaan mengenai radioaktivitas ini.. berikut contoh soalnya..

(1) UN Fisika 2008 P4 No. 40
Massa unsur radioaktif suatu fosil ketika ditemukan adalah 0,5 gram. Diperkirakan massa unsur radioaktif yang dikandung mula -mula adalah 2 gram. Jika waktu paruh unsur radioaktif tersebut 6000 tahun maka umur fosil tersebut adalah….
A. 18.000 tahun
B. 12.000 tahun
C. 9.000 tahun
D. 6.000 tahun
E. 2.000 tahun
Continue reading

CONTOH SOAL RADIOAKTIF-WAKTU PARUH (t/2) DAN LAJU PELURUHAN (keaktifan)


ingat!! ini 2 milyar!

“udah 2 milyar nih…, saya pilih phone a friend

-tuuuut… tuuut-

“halooo… ade?”

“papa!!”

“dino apa ya yang makan sayur??”

“brontosaurus”

“waah, pinter ya anak papa.. terus kalo ada suatu nuklida radioaktif nih de, punya waktu paruh 30 hari, awalnya ada 640 atom zat, setelah 60hari, zat yang tersisa berapa atom de??”

“aduh papa… itu kan gampang bgt!!!! Continue reading