Deret Radioaktif versi Video


Nah, sekarang videonya udah jadi nih. Selamat menikmati! 🙂

Tunggu posting tentang penjelasannya ya…

Advertisements

Sekilas tentang Deret Radioaktif


Ternyata, kenyataannya, pada nyatanya, radioaktif juga mempunyai deret, loh! Ceritanya, kaum radioaktif nggak mau kalah nih sama deret Volta. Tapi, emang radioaktif itu nggak kalah keren dibanding sama Volta kok. Gini ya, jadi, deret Radioaktif itu adalah suatu susunan yang diperoleh dari unsur-unsur hasil peluruhan suatu unsur radioaktif yang kemudian berakhir menjadi unsur yang stabil.

Nama Deret

Jenis Radioaktif

Dimulai

Berakhir

Uranium

Aktinium

Thorium

Neptunium

Alami

Alami

Alami

Buatan

92238U

89227Ac

90230Th

93237Np

82205Pb

82207Pb

82208Pb

83209Bi

Tunggu post selanjutnya ya. Karena akan ada video yang membuat kalian tertawa sekaligus mengerti apa itu deret radioaktif dan apa saja deretnya dengan lebih dalam lagi. Nantikan ya! 🙂

Warna Zat Radioaktif


Sebenarnya warna-warna zat radioaktir ini cenderung putih keperakkan. Warna-warna zat radioaktif ini kebanyakan tidak mencolok dan warnanya kalem. Tidak seperti logam-logam alkali, yang mencolok dan warna warni.

Contohnya unsur yang ada pada jenis deret radioaktif, yaitu:

Uranium
Aktinium
Thorium
Neptunium

keempat unsur tersebut berwarna putih keperakkan. Kalau ada pun, warnanya merah muda yang tidak mencolok. Ada warna-warna mencolok seperti hijau dan kuning, tapi tidak terlalu banyak.
Tapi dengan warna-warna seperti ini dapat melambangkan bahwa zat radioakti ini elegan, apalagi memancarkan sinar (walaupun membahayakan).
jadi zat radioaktif itu keren kaaaan…..??

Kata ‘radioaktif’ tuh Awalnya dari mana sih?


Kalian yang udah pada kelas 3 (ataupun yg belum,ataupun yg axelerasi,ataupun yg kepinteran makanya pe tau materi kelas 3),pasti udah sering denger dong apa itu radioaktif. TAPI KALIAN SEBENERNYA TAU GAK SIIIIH RADIOAKTIF ITU SENDIRI ARTINYA APA? ya umpaaan..
pasti ada jg yg berkata dalam hati ‘oh iya yah,radioaktif sebenernya artinya apaan sih?’. ok tenang,gak usah malu”..
radioaktif
saya bakalan ngejelasin sekilas tentang arti harfiah dari radioaktif.
Kata radioaktif dalam bahasa inggris tuh radioactive (bersifat adjective atau kata sifat) yang artinya berkenaan atau menunjukkan radioaktivitas. Nah,artinya radioaktivitas tuh apaaaaaa lagi? nih ya..
Continue reading

Radioaktivitas :)


Di postingan sebelumnya kita udah pernah denger naruto ngobrol ma doraemon kan? Nah itu tuh ngebahas tentang paruh waktu,mungkin sebagian dari kalian belum ngerti sebenrnya paruh waktu tuh apa sih? trus yg si doraemon maksud kalo paruh waktu radioaktif bisa memperkirakan umur suatu benda tuh gimana?

Waktu paruh didefinisikan sebagai lamanya zat radioaktif melakukan peluruhan hingga banyaknya inti sisa adalah setengah dari banyaknya inti mula-mula. Nanti akan di dapatkan rumus



Faktor T ½ dinamakan waktu paruh. Waktu paruh dari beberapa zat radioaktif telah diketahui melalui berbagai percobaan dan pemodelan.

Contoh :
Waktu paruh dari Au-198 adalah 3 hari, tentukan tetapan peluruhnya?

λ = = 0,231

Selain itu radioaktivitas juga punya yang namanya peluruhan.

Sebagai contoh inti induk uranium ( mengalami peluruhan berantai hingga mencapai inti stabil  . Selisih nomor massa inti induk A = 238 dan nomor massa inti stabil A’ = 206 adalah 32, dan selisih nomor atomnya 10. Ini menunjukkan pola radiasi sinar radioaktif yang dihasilkan adalah 4n + 2, dengan adalah bilangan bulat. Dengan demikian akan diperoleh empat deret peluruhan yang paling mungkin mengikuti aturan 4n, 4n+1, 4n+2, 4n+3. Dari Pola radiasi ini diketahui 4 buah deret radioaktif yang terkenal, yaitu

Continue reading