Posted on

Meledaknya reaktor nuklir


Hari itu saya kira berita terjadinya tsunami di radio sudah cukup mencengangkan, namun apa mau di kata ketika saya ngobrol” dengan teman saya, ia menyinggung masalah meledaknya reakrot nuklir di jepang setelah terjadi tsunami. LOH?!

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO – Pemerintah Jepang telah menyatakan tingkat radiasi di sekitar PLTN Fukushima I sudah memasuki tingkat berdampak bagi kesehatan manusia. Hal ini menyusul meledaknya reaktor 2 di komplek pembangkit Fukushima I, Selasa (15/3), setelah sebelumnya reaktor 1 dan 3 – dari total enam reaktor – sudah meledak pada Sabtu (12/3) dan Senin (14/3).
“Radiasi sebesar 400 milisievert per jam telah dideteksi di sekitar bangunan reaktor nomor 3 pada pukul 10.22 (waktu setempat),’’ kata Sekretaris Kabinet Jepang, Yukio Edano, sebagaimana dikutip NHK, Selasa (15/3). Angka ini, sebut dia, sudah cukup tinggi untuk mempengaruhi kesehatan manusia.
Edano juga mengatakan bahwa kemungkinan besar bejana dari reaktor 2 PLTN ini telah rusak. Tiga reaktor yang meledak, aku dia, mengeluarkan materi radioaktif yang berbahaya.
Angka 400 milisievert atau 400 ribu mikrosievert tersebut adalah tiga kali lipat dari tingkat radiasi yang dapat diterima manusia. Paparan radiasi dari level itu bisa memicu hilangnya sel-sel darah putih”.

membaca berita itu membuat saya dilema mau pergi sekolah atau gak. Masalahnya yg pertama kali terbesit di benak saya selaku pelajar kelas 3 sma, radioaktif adalah senyawa yg tidak tertutup kemungkinan untuk menyebar lewat udara. Selain itu hal yg menjadi pertimbangan lain saya untuk keluar rumah yakni, jepang, negara yg kebetulan menjadi TKP meledaknya reaktor nuklir ini baru saja di landa tsunami yg artinya ada kemungkinan lain tercemarnya air dengan zat radiokatif. Masalahnya, negara indonesia berada di benua yg sama dengan jepang.
Ingat peristiwa chernobyl? Walupun tidak terlalu besar dampaknya,namun benua eropa ‘kecipratan’ juga.
how about us?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s