Posted on

Kota Chernobyl jadi kota wisata (?)


Waaah lama tak bersua,maklum kelas 3,otak perlu dijaga,terutama dari godaan dunia maya.. hahahapasih.
masih pada inget sama postingan awal” di blog ini yg ngebahas tentang kota chernobyl? itu loh kota yg mengalami kebocoran zat radioaktif yg sempet jadi kota mati..
Meledaknya reaktor nuklir Chernobyl dikenang sebagai satu tragedi nuklir yang menyebarkan radiasi ke kawasan Eropa bagian Utara sekitar 24 tahun lalu. Kini, pemerintah Ukraina akan mengembangkan sebagian kawasannya menjadi area wisata untuk mengenang tragedi nuklir tersebut.

chernobyl
Reaktor nuklir No.4 Chernobyl meledak pada 26 April 1986, menyebarkan radioaktif yang mencemari sebagian Eropa. Tragedi itu menyebabkan ratusan ribu orang dievakuasi dari daerah terkontaminasi radiasi dari Ukraina, Belarusia, dan Rusia. Bencana itu masih menyisakan masalah kesehatan hingga saat ini.

Sekitar radius 48 km dari pusat ledakan reaktor masih dinyatakan sebagai zona eksklusif yang terkontaminasi yang dikosongkan dan dinyatakan tertutup untuk umum.

Kini, sekitar 2.500 pegawai masih bekerja di sisa reaktor nuklir tersebut. Mereka bekerja bergiliran untuk menekan dampak radiasi yang bisa menghantam mereka. Sebagian penduduk di sekitar kompleks luar reaktor ada yang sudah kembali ke rumah-rumah mereka walau pemerintah masih menerapkan larangan bermukim di sana.

Sejumlah wisatawan juga tertarik untuk mengunjungi area bekas ledakan nuklir tersebut walau berjalan secara ilegal.

Animo yang besar untuk mengunjungi lokasi bekas tragedi nuklir terbesar itu agaknya telah mendorong pemerintah Ukraina untuk membuka kawasan wisata terbatas di Chernobyl tahun depan. Juru bicara Kementrian Keadaan Darurat Ukraina, Yulia Yershova, menyatakan bahwa para ahli kini sedang mengembangkan rute yang aman secara medis dan informatif untuk tujuan wisata terbatas di kawasan bencana tersebut. Namun pihaknya belum mengumumkan tanggal pasti kapan wsiata tragedi nuklir itu akan dibuka untuk publik.

Nah lo,gak nyangka kan? Kedengarannya saik sih. Tp dilemtais juga,dateng atau jangan ya.. hmmh tp buat yg suka ma tantangan dan maut,ya dateng aja,gak ada salahnya kok hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s