Posted on

Kenapa Matahari …… ?


Terinspirasi dari pertanyaan seorang reader blog ini yg punya rasa penasaran yang sangat tinggi terutama pada zat radioaktif,hingga dia menanyakan banyak hal yang cenderung menjurus ke aktivitas sang surya atau matahari. Sebagaimana kita tau dari postingan” sebelumnya tentang reaksi fusi yg mengakibatkan gas helium dan hidrogen bergabung hingga terbentuk suatu energi yg bakal terus mengalami siklus perputaran produksi.
Buaat kalian yang penasaran banget kenapa matahari bisa ada apinya? kenapa bisa terjadi reaksi di luar angakasa padahal di sana kan ha,ap udara? dan apakah matahari bakal mati,coba yuk kita obrolin tapi sambil nganalisis aja yaa.. da semua benda langit dan isinya mah udah ada yg ngatur (ceile)
reaction

First thing first yang harus kalian tau tuh ini,cahaya matahari terpancar dengan kecepatan 299.793 kilometer perdetik,kira-kira 1,08 miliar kilometer perjam lah untuk menghidupi semua organisme dibumi. Setelah itu,awan gas yang berpusar dekat pinggiran Bimasakti dan melahirkan Matahari kira-kira 4,6 miliar tahun yang lampau.kini matahari adalah bintang berukuran raksasa. Nah kandungan matahari ini sebagian besar adalah hidrogen dan helium. Pada inti matahri yang terbakar pada suhu 15 miliar derajat kelvin,tekanan mengubah inti hidrogen menjadi helium dan menghasilkan energi sangat besar dalam proses fusi nuklir.
sun

Energinya naik,dan bersama dengan putaran serta gaya magnetik Matahari,membuat bergolaknya permukaan matahari. Pada beberapa tempat,gaya magnetik mendinginkan es,sehingga terbentuk noda hitam yang tampak dari bumi.banyaknya noda ini bertambah dan berkurang dengan daur 11 tahun.
fusi

Kadang energi yang tertahan menyembur ke atmosfer,dan semburannya tuh bisa mencapai ribuan kilometer.Aliran partikel yang disebut angin surya,lepas lewat garis-garis medan magnet terbuka dari dalam korona memasuki antariksa.Daya yang tersa di bumi hanya pada kegiatan maksimum matahari,pada saat itu badai magnet mengacaukan arah kompas,aliran listrik serta sistem komunikasi,dan menerangi langit dengan aurora.

Walaupun sebenernya umur benda langit nih gak ada yang tau,tapi kita ambil analogi berdasarkan ilustrasi dan hasil penelitian yang ada deh.. Kurang lebih lima miliar tahun lagi Matahari akan mulai sakaratul maut,yang awalnya mengembang mungkin sampe 100 kali lipat dari ukurannya yang sekarang,lalu mengerut sampai seperatus besarnya sekarang. Lama kelamaan api yang ada di inti matahari tuh padam,yang bakal jadi sebuah ending dimana matahari akan menjadi abu bara hitam yang dingin.
abu bara hitam

3 responses to “Kenapa Matahari …… ?

  1. pager ⋅

    permisi mba. numpang lewat. sambil nanya. bagaimana api di matahari dapat menyala? sementara untuk nyalanya api membutuhkan oksigen. yang membuat saya bingung juga, bagaimana pesawat roket apollo dapat terbang kembali ke bumi sementara untuk menyalakan tenaga roket diperlukan api yang menyala?

    • sebelumnya makasih bnyk atas komennya.. untuk jawaban itu penjelasan yg saya dapat dari hasil pencarian cukup panjang..
      karena itu akan saya jadikan referensi untuk postingan berikutnya. ok?

  2. pager ⋅

    sip ditunggu postingan selanjutnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s