Posted on

Kata ‘radioaktif’ tuh Awalnya dari mana sih?


Kalian yang udah pada kelas 3 (ataupun yg belum,ataupun yg axelerasi,ataupun yg kepinteran makanya pe tau materi kelas 3),pasti udah sering denger dong apa itu radioaktif. TAPI KALIAN SEBENERNYA TAU GAK SIIIIH RADIOAKTIF ITU SENDIRI ARTINYA APA? ya umpaaan..
pasti ada jg yg berkata dalam hati ‘oh iya yah,radioaktif sebenernya artinya apaan sih?’. ok tenang,gak usah malu”..
radioaktif
saya bakalan ngejelasin sekilas tentang arti harfiah dari radioaktif.
Kata radioaktif dalam bahasa inggris tuh radioactive (bersifat adjective atau kata sifat) yang artinya berkenaan atau menunjukkan radioaktivitas. Nah,artinya radioaktivitas tuh apaaaaaa lagi? nih ya..

radioaktivitas tuh Radioaktivitas adalah kemampuan inti atom yang tak-stabil untuk memancarkan radiasi dan
berubah menjadi inti stabil. Proses perubahan ini disebut peluruhan dan inti atom yang tak stabil
disebut radionuklida. Materi yang mengandung radionuklida disebut zat radioaktif. Sementara peluruhan ialah perubahan inti atom yang tak-stabil menjadi inti atom yang lain, atau
berubahnya suatu unsur radioaktif menjadi unsur yang lain.
Ada sejarah nya juga ternyata.. Radioaktivitas ditemukan oleh H. Becquerel (beliau bukanlah haji kawan”) pada tahun 1896. Becquerel menamakan radiasi
dengan uranium. Dua tahun setelah itu, Marie Curie meneliti radiasi uranium dengan
menggunakan alat yang dibuat oleh Pierre Curie, yaitu pengukur listrik piezo (lempengan
kristal yang biasanya digunakan untuk pengukuran arus listrik lemah), dan Marie Curie
berhasil membuktikan bahwa kekuatan radiasi uranium sebanding dengan jumlah kadar
uranium yang dikandung dalam campuran senyawa uranium. Disamping itu, Marie Curie juga
menemukan bahwa peristiwa peluruhan tersebut tidak dipengaruhi oleh suhu atau tekanan,
dan radiasi uranium dipancarkan secara spontan dan terus menerus tanpa bisa dikendalikan.
Marie Curie juga meneliti campuran senyawa lain, dan menemukan bahwa campuran
senyawa thorium juga memancarkan radiasi yang sama dengan campuran senyawa uranium,
dan sifat pemancaran radiasi seperti ini diberi nama radioaktivitas.
Ituuu dia awal mulanya kenapa unsur yg punya ciri khas memancarkan radiasi ini dinamakan radioaktif..

9 responses to “Kata ‘radioaktif’ tuh Awalnya dari mana sih?

  1. jaah, baru aja ngebahas ini tadi sore, udah posting lagi nih anak… sialan keduluan..🙂
    eh tapi saya msh belum ‘get’ sama artikelnya loh, kok radioaktif harus ada kata RADIO apalagi kenapa harus ada AKTIF? kan msh byk tuh kata2 lain, kenapa namanya gak RADIOPASIF atau TVAKTIF ?? hwahwa

    • wuahahah sial nih anak ngetes dehmentang” keduluan! nah bapak ketua panitia b**l**,anda kan membahas tentang radioaktif juga,bagaimana kalo kita sharing saja? saya kan sudah mencari tau tentang sekilas asalmuasalnya ini,jd sekarang tugas anda untuk melengkapinya.. bukankah kita sudah berjanji untuk saling melengkapi😀

      • hohohoho akhirnya itulah kata2 yg saya tunggu, okelah kalo begitu kita saling melengkapi mulai sekarang

        nanti postingan saya dikasi pingback kesini, trus yang disini juga ngasih pingback ke postingan saya key?

      • oke bangeeet bos! wuahahah tapi saya ada jawaban tambahan nih,pendapat saya ketang ini mah.
        radioaktif itu ya diambil dari si radioaktivitas ituuu.. klo aktif kan berati melakukan kegiatan (beraktivitas) beda ma pasif.. yg gak ngapa”in.. buktinya unsur” di radioaktif melakukan banyak hal kayak radiasi,peluruhan dll.. ya gaaak bosss?

  2. enggaaa ah gak setuju saya…
    masa zat2 radioaktif semena2 bilang kalo dirinya itu zat yg aktif, berarti zat yg lain cicingeun dong? enak aja, kan kata zat2 alkali mereka lah yang paling reaktif, zat2 alkali kan punya motto “senggol bacok”, ditoel dikit langsung aktif…

    hehe intermeso aja bos

    • hahahah jangan gitu doong bos.. partai kita kan radioaaktif partij.. jgn ngebela yang laeeen!! lagian kita jgn ngomongin masalah kereaktifan,tapi kegiatannya! klo alkali dia cuma sibuk bereaksi doang,mau pamer” klo dia tuh zat yg reaktif. Kalo kiat orang pan kagak bos,kita mah banyak bgt aktivitas yg tak terduga dan spesialnya.. kayak peluruhan yang nunjukkin klo kita tuh spesial,satu”nya zat yg kuantitasnya gak akan pernah nol (miracle mah pengecualian). Trus dia nih yg bikin matahari bs melangsungkan hidup pe sekarang,bahkan dia jg yg bakal jd calon pengganti energi masa depan bos! itu semua kan aktivitas yg posotif.. jgn cuma sibuk bereaksi terus meleduk di mangkok doang dong😀 (abang sohe dkk jgn kesinggung)

  3. Aidinun The Master Physics ⋅

    oke bozzz. bagus ne artikelnya. kalo bisa kirimkan dong artikel lain tentang fisika ke emailku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s