Posted on

Mahluk Gaib di Golongan Radioaktif (Hiii ada ya ternyata)


Kaping siji (yang pertamaa) SEABORGIUM

Seaborgium ditemukan terdampar di Institut Joint saat Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia. Pada tahun 1orang” yg emang seneng kimia melaporkan penemuan unsur 106, yang juga udah bisa disintesis (woo). Glenn Seaborg adalah vokalis atau lebih tepatnya bagian penting dari grup ini,makanyaunsur ini dinamain seaborgium sebagai tanda penghormatan buat beliau (hormaat grak!)

Seaborgium dgn nomor atom 106 ini dibuat dengan  reaksi 249Cf(18O,4n)263X, yang memancarkan alfa menjadi rutherfordium, kemudian emisi alfa menjadi nobelium,udah gitu dengan peluruhan alfa antara rutherfordium dan nobelium (Ya ampun panjangnyaaaa). Unsur ini diidentifikasi memiliki energi alfa 9.06 dan 9.25MeV dengan masa paruh waktu 0.9+/-0.2 detik.

Kaping loro (yang kedua) HASSIUM

Unsur ini ditemukan tergeletak di GSI Darmstadt, Jerman pada tahun 1984 oleh bapak Peter Ambruster, Gottfried Muzenber dan kawan-kawan mereka yang tercinta.

Waduh gawat nih si hassium kayaknya beneran gaib. Mistis bgt nih,gilaa.. soalnya gak terlalu banyak info yg diketahui tentang hassium ini (nomor atom 108).

Kaping telu (aduuuh pernah denger lagu tombo ati kan? ywda inget” aja liriknya..) BOHRIUM

Sebenernya nama resmi unsur ini tuh Ns atau Nielsbohrium. Cuma yaa berhubung Niels amstrong udah ke bulan jadi ya kita panggil Bohrium aja yaa.. (Gilaaa wooooy itu mah neil amstrong,kagak ada hubungannya,salah sambung gaaan)

Pada tahun 1976, seorang ahli Soviet di Dubna teriak” pake toa ngumumin di balai desa setempat (hehe gak deng :p) bahwa mereka telah membuat unsur 107 dengan menembakkan (jedwwwer!) 204Bi dengan inti atom berat 54Cr. Laporan mengatakan bahwa percobaan di tahun 1975 telah mengizinkan para peneliti “melihat secara sekilas” unsur baru ini selama 2/1000 detik (gila bt itu sekejap mata aja gak nyampe kali ya?). Sebuah silinder berputar yang sangat cepat, dilapisi dengan lapisan tipis logam bismut, digunakan sebagai target. Target ini lalu ditembak dengan aliran ion54Cr.

(singkatannya emang terlihat ambigu,tapi hanya bagi anda para pembaca yg perlu saya laundry otaknya wuahahaha)

Keberadaan unsur 107 dipastikan oleh tim fisika dari Jerman Barat di Laboratorium Penelitian Ion Berat Darmstadt, yang membuat dan mengidentifikasi enam inti atom unsur 107.

Nah lo,gak pernah denger kan 3 unsur itu di antara golongan radioaktif (jarang gitu maksudnyaaaa). Ya emang mereka jarang dibahas dan sekalipun dibahas ya cuma sekilas.. Makanya kita sebut mahluk gaib hehehe

Terus update blog ini yaaa.. kan ada maluk gaib radioaktif part 2. ok ok?😀

jgn lupa leave comment yaaaa..

4 responses to “Mahluk Gaib di Golongan Radioaktif (Hiii ada ya ternyata)

  1. Ucup ⋅

    keren lah…
    apalagi yg bohrium tah rada kumaha kitu singkatanna… haha…

    ditunggu part 2 nya ya…🙂

  2. HallJayb

    Man, really want to know how can you be that smart, lol…great read, thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s