The Benefit of Us :)


weyyy.. tau gaaak kenapa energi nuklir bakal di jadiin sebagai sumber energi alternatif?
tonton aja nih video animasinya..

“>

waah ternyata itu alesannya kenapa nuklir dipilih sebagai energi alternatif..
klo diliat secara umum sih emang banayak keunggulannya,tapi gmn klo dilihat dari sudut pandang yg berbeda. misalnya dari sudut pandang secara ilmiah?
gmn efek samping dan dampak minimum dam maksimumnya bagi lingkungan?
makanya.. terus update dan tunggu postingan selanjutnya!

Advertisements

Kenapa Matahari …… ?


Terinspirasi dari pertanyaan seorang reader blog ini yg punya rasa penasaran yang sangat tinggi terutama pada zat radioaktif,hingga dia menanyakan banyak hal yang cenderung menjurus ke aktivitas sang surya atau matahari. Sebagaimana kita tau dari postingan” sebelumnya tentang reaksi fusi yg mengakibatkan gas helium dan hidrogen bergabung hingga terbentuk suatu energi yg bakal terus mengalami siklus perputaran produksi.
Buaat kalian yang penasaran banget kenapa matahari bisa ada apinya? kenapa bisa terjadi reaksi di luar angakasa padahal di sana kan ha,ap udara? dan apakah matahari bakal mati,coba yuk kita obrolin tapi sambil nganalisis aja yaa.. da semua benda langit dan isinya mah udah ada yg ngatur (ceile)
reaction
Continue reading

Sekilas tentang Deret Radioaktif


Ternyata, kenyataannya, pada nyatanya, radioaktif juga mempunyai deret, loh! Ceritanya, kaum radioaktif nggak mau kalah nih sama deret Volta. Tapi, emang radioaktif itu nggak kalah keren dibanding sama Volta kok. Gini ya, jadi, deret Radioaktif itu adalah suatu susunan yang diperoleh dari unsur-unsur hasil peluruhan suatu unsur radioaktif yang kemudian berakhir menjadi unsur yang stabil.

Nama Deret

Jenis Radioaktif

Dimulai

Berakhir

Uranium

Aktinium

Thorium

Neptunium

Alami

Alami

Alami

Buatan

92238U

89227Ac

90230Th

93237Np

82205Pb

82207Pb

82208Pb

83209Bi

Tunggu post selanjutnya ya. Karena akan ada video yang membuat kalian tertawa sekaligus mengerti apa itu deret radioaktif dan apa saja deretnya dengan lebih dalam lagi. Nantikan ya! 🙂

Reaksi Fisi dan Fusi


Kalo kalian baca di postingan sebelumnya tentang asalmuasal munculnya nama panggilan ‘radioaktif’ disana tuh ada komen”an saya dengan teman saya sesama penyuka radioaktif (rada stres nih seneng nuklir). Saya sedikit berdalih disana ketika teman saya ngeles ‘kenapa namanya radioaktif? gak radiopasif aja?’. Saya menjawab bahwa keterkaitan nama ini ya balik lagi ke radioaktivitas yakni aktivitas si radio aktif itu. Klo kita beraktivitas berati kan melakukan sesuatu,ya berati aktif dong,bukan pasif. Wong imbuhannya me- bukan di- (-,-“)
Nah,ini salah satu kegiatannya si radioaktif,yakni reaksi fisi dan fusi. yang pertama fisi.
reaksi fisi
Fisi
Fisi adalah reaksi nuklir dimana inti atom yang terikat oleh gaya terkuat di alam semesta atau nama kerennya Gaya Nuklir Kuat, terbelah menjadi fragmen-fragmen.
Bahan utama yang digunakan dalam percobaan fisi adalah “uranium” karena atom uranium adalah salah satu atom terberat.
Continue reading