Posted on

Kota Radioaktif : The Death City Prypiat


 

"The Prypiat City"Kalian pernah dengar yang namanya Kota Prypiat?

Atau malah tau Bencana Chernobyl?

Buat yg udah pernah denger atau tau kalian pasti langsung geleng2 kepala (bukan joget seperti ini !)

atau ber ‘naudzubillah’ atau ber ‘ckckckc..’ atau berdo’a dlm hati klo hal seperti itu gak bakal terjadi di kota tersayang kita ato malah gak bakal pernah terjadi lg di mana pun itu..

Buat yg belum pernah denger ato tau, let’s read it!!! 

Bencana Chernobyl“, kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl, atau hanya “Chernobyl”, adalah kecelakaan reaktor nuklir yang sangat sangat sangat mengerikaaaan~

Dan merupakan kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah umat manusia!!! 

Di tahun 1986, tepatnya pada bulan April, tepatnya lagi pada tanggal 26, dan lebih tepatnya lagi pada pagi buta, yang klo kalian mau tau bener2 tepatnya lagi yaitu pada pukul 01:23:40 pagi (UTC+3)..

(untuk mempermudah, baca : 01:23:40 a.m, 26 April 1986)

Tiba-tiba…  

BUUUUUUM!!! DUAAAAR!!! JEGEEER!!! dll

Di Ukrania, lebih tepatnya di Kota Pripyat, lebih tepatnya lagi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, dan lebih tepatnya banget di reaktor yang nomor empat (aku jg gak tau dmn itu).. MELEDAK!!!

Kebakaran sih udah pasti! Tapi yg lebih parahnya lagi radioaktif yang soooo dangerous ini menyebar,bar,bar!!!

Bencana ini  menelan hamper 50.000 jiwa. Ratusan orang terkena radiasi dan ribuan penduduk terpaksa diungsikan dari kota yang dulunya indah ini..

Chernobyl Legacy

Inilah akibat radiasi tersebut.. Kasian ya… 

Di saat mereka lagi nyenyak tertidur dengan mimpi indahnya masing2, tanpa tau apa2 tiba2 datang musibah yang begitu mengerikannya..

(makanya jgn lupa berdo’a sblm tidur, ok!) 

Setelah kejadian, lokasi ini, praktis seperti sebuah museum, menjadi bagian dari sejarah.

Bangunan apartement, taman bermain, kolam renang, rumah sakit, bahkan bangunan2 yang belum sempat ditempati dan banyak bangunan yang lain hancur. Semua isi yang terdapat dalam bangunan tersebut dibiarkan ada di dalamnya. Seperti arsip, TV, mainan anak-anak, meubel, barang berharga, pakaian dan lain-lain semua seperti kebanyakan milik keluarga-keluarga pada umumnya mereka tinggalkan begitu saja. Penduduk hanya boleh mengambil dokumen penting, buku, dan pakaian yang tidak terkontaminasi oleh nuklir.

Namun sejak abad 21, tidak lagi ada barang berharga yang tertinggal, bahkan tempat duduk di kamar kecil pun dibawa oleh para penjarah (ampun deh, masa barang yg udah terkontaminasi masih mau dicuri juga !!!), banyak dari bangunan yang isinya dirampok dari tahun ke tahun.

Bangunan yang tidak lagi terawat, dengan atap yang bocor, dan bagian dalam bangunan yang tergenang air di musim hujan, semakin membuat kota tersebut benar-benar menjadi kota mati.

Kabarnya Kota Pripyat ini termasuk 10 Kota Mati paling seram di Dunia, karena konon di dalamnya terdapat hantu-hantu korban ledakan reaktor nuklir tersebut.. Hiiiii!!! 

Tambahan :

Tau gak kalian, sekitar 25 tahun kemudian, di tanah-tanah yang kosong tersebut, terlihat tanaman yang menghijau! Mmm.. aneh ya.. Ekosistem di Pripyat ini sepertinya bisa mengatasi kontaminasi radioaktif dan tidak mengherankan bila fenomena ini menarik perhatian para ahli..

Pada 2007, satu tim ilmuwan dengan memakai masker, kaca mata, dan sarung tangan khusus meneliti bagaimana tanaman tersebut bisa tumbuh di lingkungan dengan tingkat pencemaran berat. Seperti dilansir BBC, mereka menanam biji kedelai dan rami di lahan yang berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat bencana. Bahkan juga menanam biji dua jenis tanaman tersebut di lahan yang tidak tercemar di dekat kota tersebut.

Kajian para ahli ini menunjukkan tanaman beradaptasi sehingga bisa tumbuh di lingkungan yang sulit. Mereka mencatat mungkin ada alasan historis di balik kemampuan tanaman membiasakan diri tumbuh di lingkungan dengan tingkat radiasi tinggi. Sungguh luar biasa bagaimana ekosistem ini melakukan adaptasi,” kata Martin Hajduch, salah seorang peneliti dari lembaga ilmu pengetahuan Slovakia.

“Pasti tanaman ini telah memiliki mekanisme tertentu karena radioaktif ada di Bumi sejak tahap awal pembentukan planet ini.”

“Ada banyak kegiatan radioaktif ketika itu, lebih banyak dari tingkat sekarang dan mungkin saja ketika kehidupan berevolusi, tanaman ini mengembangkan mekanisme untuk menyesuaikan diri,” papar Hajduch.

2 responses to “Kota Radioaktif : The Death City Prypiat

  1. JharSevenT ⋅

    Wess !!
    baru tw !!

  2. geuis ⋅

    Astagfirulloh….jauhkan kami ya Rab dr bencana mengerikan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s