Posted on

Sekilas Efek Radiasi


Selain berbagai kegunaannya, radiasi zat radioaktif juga dapat berbahaya bagi kesehatan kita, terutama radiasi pengion yang memancarkan sinar alfa, sinar beta, dan sinar gama. Hal ini disebabkan radiasi pengion dapat mengionisasi, memutuskan ikatan kimia, atau membentuk radikal bebas yang reaktif dalam sel-sel tubuh kita, sehingga mempengaruhi bahkan merusak struktur DNA dan RNA dalam sel. Kerusakan yang terjadi dalam struktur DNA dan RNA ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan tubuh, kanker, dan lain sebagainya.

Kerusakan DNA juga dapat mempengaruhi kelenjar reproduksi yang mengakibatkan kemandulan, serta terjadinya mutasi yang menyebabkan kelainan genetik.

Perhatikan video berikut,

Nanti akan di jelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana radiasi tersebut berefek pada DNA. Nantikan yo!🙂

11 responses to “Sekilas Efek Radiasi

  1. wow nice vid, hem..ujung2nya video itu nolak produk ‘uranium glass water pitcher’ ya..

    kalo mutasi gen selalu abnormal di kromosom nomer 21 ya? kenapa tuh?

    • salah satu efek dari radiasi pada kromosom ya mutasi gen di kromosom 21 yg biasanya disbut down syndrome. Tapi selain itu mutasi gen di kromosom 21 bs juga disebabkan oleh translokasi,translokasi adalah tersusun kembalinya kromosom dari susunan sebelumnya. Ada dua macam translokasi yaitu translokasi resiprok dan translokasi Robertsonian. Pada translokasi resiprok, ada dua kromosom yang bertukar materi genetik. Sementara pada translokasi Robertsonian, kedua lengan pendek kromosom hilang dan lengan panjangnya membentuk kromosom baru. Translokasi Robertsonian biasanya terjadi pada kromosom dengan bentuk akrosentrik (kromosom yang letak sentromernya berada mendekati ujung, salah satu lengan pendeknya sangat pendek sehingga seperti tidak terlihat). Translokasi Robertsonian pada manusia terjadi pada kromosom 13, 14, 15, 21, dan 22.

  2. fayes ⋅

    coba cariin yg lbh dalam ttg sinar gamma donk jd penasaran

    • klo tentang sinar gamma ntar bs dipertimbangkan untuk nyari bahan postingannya lagi,cuma untuk sementara ini belum dapet bahannya hehehe
      tapi bs di liat artian harfiah pe fenomenanya di kehidupan sehari” di id.wikipedia.org🙂

  3. rani ⋅

    waah.. jadi harus jauh2 juga ya..
    hmm, gimana cara menghindarinya ya? padahal kita ngga tau ada si zat radioaktif sendiri ato ngga.. trus zat ini dimanfaatkan untuk di berbagai bidang kan??

    sereem..

  4. rifina ⋅

    sinar radio aktif ini efeknya langsung atau ada jangka waktunya?
    siapa tau saya bisa bikin obat/penanggulangannya.. hehe..

    • tentunya ada.. di radioaktif daa juga yg namanya paro waktu atau peluruhan.. dimana itu artinya radioaktif tuh gak akan pernah berniali nol atau habis secara total. Mungkin klo buat obat penanggulangannya bs aja sih dibikin,soalnya dari radioaktif itu sendiri aja kan bs di manfaatkan dibidang kesehatan,apalagi bahan lain yg mungkin emang bs di jadiin obat. nothing impossible🙂

  5. abduh muhamad ⋅

    haduuh,, saya bercita-cita mengembangkan nuklir di indonesia. berarti harus cepet2 nikah dan punya anak nih. . hehe.
    kalo boleh saran, coba ceritakan juga penggunaan unsur2 radioaktif sebagai sumber energi atau penggunaan di sidang2 lain seperti kedokteran dll. jadi kita juga harus tahu sisi positif dari unsur radioaktif ini,,

  6. Pingback: Artikel Minggu Ini #3 | MasterKimiaIndonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s