Posted on

Perbincangan Naruto-Doraemon-Cinta Fitri


Pada suatu hari,3 pemain film dengan kisah yg kayaknya gatau kapan bakal tamat,kebetulan bertemu di sebuah taman di bandung tepatnya di daerah Cisangkuy atau yg biasa disebut orang jepang dengan nama daerah shibuya.

“Hey to”. Sapa Doraemon saat melihat kawannya yang bernama sunarto,eh naruto melewati taman.  Ternyata narotu tidak sendiri,ia berjalan bersama fitri,pemain film yg tak kalah heboh dari film naruto dan doraemon.

“Hey mon. Lagi ngapain disini? gak syuting?”. Tanya naruto.

“Aduh,cape nih,to. Gak beres-beres film gue”. Jawab doraemon. “Lu kapan beres tuh pelem?”. Tanya doraemon balik.

“Waduh,iya nih. Gue juga gatau kapan kelar nih pelem”. lalu tiba-tiba fitri menyela.

“Iya,aku bingung deh. Kapan sinetron aku bakal beres? padahal suami aku kan udah gak amnesia lagi. Masa cinta fitri mau ada sampe episode cinta fitri shippuden?”.

“Nah,aku ada kabar baik nih. Kita bisa menentukan umur suatu benda dengan teori peluruhan zat radioaktif loh”. Jelas Doraemon.

“Wes,gaya bgt. tau darimana kamu mon?”.

“Nobita kemaren abis taubatan nasuha. Kan bentar lagi UN dan SNMPTN,jadi dia belajar. Nah salah satu yang dipelajari ya tentang radioaktif ini”.

Doraemonpun melanjutkan. “jadi gini loh,umur dari suatu benda bisa ditentukan dengan menggunakan nuklida radioaktif yang waktu peluruhannya (umur paro) jauh lebih panjang, terutama K-40 (Kalium), Rb-87 (Rubidium) atau U-238 (Uranium). Secara berurutan, masing-masing dari ketiga nuklida-induk itu bakal menghasilkan niklida-anak: Ar-40 (Argon), Sr-87 (Strontium), Pb-206 (Timbal).  Contohnya ini nih.

  1. K-Ar [Kalium  Argon (umru-paro = 1,3 x 109 tahun)]
  2. Rb-Sr [Rubidium  Strontium (umur-paro = 4,7 x 1010 tahun)]
  3. U-Pb [Uranium  Timbal (umur-paro = 4,5 x 109 tahun)]

Penentuan dengan K-Ar dan Rb-Sr bakal lebih gampang,soalnya nuklida-induknya meluruh manjadi nuklida-anak dalam satu langkah tunggal. Sementara dengan U-238 meluruh menjadi Pb-206 melalui deretan 14 kali langkah. Tapi umur-paro tiap langkah relatif pendek terhadap umur-paro 4,5 milyar tahun dari U-238 itu sendiri, sehingga kandungan U-238 dan Pb-206 dari sampel yang udah pasti harus diperhatiin.

Coba kita anggap semua nuklida-anak yang mantap didapatkan dari sampel batuan tertentu yang berasal dari nuklida-induk. Jika jumlah atom nuklida-induk dalam sampel adalah N dan jumlah atom keduanya (nuklida-induk dan anak) adalah No, maka penentuan umur geologis diperoleh dengan persamaan:

N = No et

Atau

t = (1/) ln (No/N)

Persamaan di atas adalah persamaan yang sangat umum. Karena pada umumnya peluruhan nuklida-induk menjadi nuklida-anak tidak selalu dengan satu langkah tunggal. Sehingga faktor konstanta peluruhan perlu disesuaikan.

Dengan metode ini, tampak bahwa umur benda kuno yang berusia jutaan tahun dapat diketahui. Aplikasi ini pernah dilakukan dalam bidang Arkeologi. Penelitian terhadap fosil sodaranya si fitri yaitu Meganthropus Modjokertoensis yang ditemukan di Mojokertao, Jawa Timur pada tahun 1952. Berdasarkan metode K-Ar, diketahui bahwa umur fosil tersebut adalah 1,9 tahun. Penelitian serupa juga pernah dilakukan pada fosil Hominid Zijanthropus Boisei (Tanzania, Afrika) pada tahun 1952. Hasilnya, umur fosil tersebut adalah 1,75 tahun”. Doraemonpun terdiam sejenak karena kecapean setelah bercerita panjang lebar.

“Oh,jadi gitu mon. berati kita bisa tau dong umur kamu bakal sampe berapa taun? Umur si naruto juga!”. Fitri mengomentari dengan wajah berseri-seri.

“Hus,kamu jangan gitu dong. Aku biar udah kelamaan syuting gini tapi kan tetep ganteng”. Jawab Naruto. “ya walaupun kemaren aku baru pulang mudik dari Hiroshima yang dulu pernah kena bom nuklir dan masih memancarakan radioaktif,tapi aku masih tetep laku kaaaan?”.

“Mungkin kalian masih belum ngerti banget sama apa yang tadi aku jelasin,tapi tenang aja. Aku bakal kupas tuntas tentang paro waktu radioaktif tadi. Kalo ada taman di jepang,boleh kita menumpang nyepi. kalo ada umurku panjang,boleh kita posting lagi”. Kata si penulis yang merangkap peran jadi doraemon dan narotu jadijadian😀

7 responses to “Perbincangan Naruto-Doraemon-Cinta Fitri

  1. hedi ⋅

    nice..(eh iklan dan link blog ini gencar sekali ya?)hehe

  2. ichanz ⋅

    ahahaha.. bisaan c ade.. ada we ide ceritanya teh.. tp nyambung lg ama persoalan sains.. gud lah..

  3. rani ⋅

    wahh.. artikelnya bagus banget.. tapi mau usul nih, adik aku lagi belajar tentang kimia unsur katanya,, dan dia gatau bentuk soalnya kayak gimana..
    bisa tolong minta dibuatin contoh soal dan pembahasan tentang radioaktif ini ngga?

    makasih banyak..

  4. konsepnya luar biasa. tau2 nyambung ke radioaktif. keren keren..
    bikin novel sains jenaka aja udah..
    ntar jadi penulis novel sains jenaka pertama di Indonesia, cewe lagi.. haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s