Posted on

Awas!! Si Radioaktif yang Satu Ini Bisa Serumah Bareng Kamu!!


Tahu gak? Rumah kita sendiri, yang kita anggap aman, nyaman, dan tentram bisa jadi tempat tinggal si ancaman kesehatan yang mematikan loh!

Ancaman kesehatan yang harus kita waspadai itu bernama Radon. Si Radon yang merupakan gas radioaktif alami ini, ini muncul dari permukaan tanah terus mengalir ke udara sekitar kita. Yang lebih parahnya lagi, Si Radon ini gak berbau, gak berasa, juga gak berwarna. Jadi kita gak tau kapan dia tiba2 nonggol (kyk hantu aja, serem!!)



Radon ini dibebaskan dari tanah secara alamiah, apalagi di kawasan yang bertanah granit. Jadi yang tinggal di daerah seperti itu harus waspada ya!

Kalian gak tinggal daerah yang bertanah granit? Eit, tunggu dulu!

Si Radon juga bisa jadi penunggu di ruang bawah tanah  tempat tinggal kamu, tergantung gimana rumah itu dirawat dan ventilasinya.
Kata Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada, Karyono, Radon ini merupakan karsinogen paling kuat di dalam rumah! (Untuk kerennya kalian bisa bilang ‘the most potent carcinogen in your home’!! Wuiiih!).

Nah, radioaktif satu ini bisa menyebabkan kanker paru-paru!!! Dan sudah banyak korbannya!!

The National of Sciences and the Environmental Protection Agency (2003) memperkirakan di AS gas radon dalam rumah menyebabkan 21.100 kematian karena kanker paru-paru!!! Seremnya…
Pak Karyono ini juga bilang, untuk yang bukan perokok, gas radon menjadi penyebab kedua untuk kanker paru-paru. Lebih dari 171.000 penderita kanker paru-paru didiagnosis di USA setiap tahunnya.

Saran dari Pak Karyono, keberadaan gas radioaktif alami, termasuk radon, perlu diperhatikan meskipun konsentrasi gas-gas tersebut masih di bawah konsentrasi maksimum yang diizinkan oleh BAPETEN.

Nah, sekarang untuk mengusir si radon ini dan mengurangi besar aktivitas gas radioaktif alam di rumah kita, bisa kita lakukan dengan membuat ventilasi dan sirkulasi udara yang baik di rumah. Mmm.. ternyata jendela di rumah kita benar2 berguna ya!

10 responses to “Awas!! Si Radioaktif yang Satu Ini Bisa Serumah Bareng Kamu!!

  1. Wigas ⋅

    hmm, jadi inget raksa. Tapi klo raksa mah bukan radioaktif.

    klo efek Fr (logam) atau Rn(gas mulia)????

    Which one has the greater effect on us??

    • Efek antara fransium atau radon itu jelas berbeda. Yang memiliki efek terbesar bagi kesehatan tubuh manusia adalah radon, karena radon merupakan gas berbahaya yang dapat dihirup dengan mudah oleh manusia. Namun, fransium juga termasuk unsur yang reaktif. Bagusnya, reaktifnya unsur tersebut tidak terhadap kesehatan manusia tapi terhadap medium yang ditempatinya.

      -semoga bermanfaat :)-

  2. enn

    kawasan yang bertanah granit itu yang gimana sihh??
    minta ciri2nya juga yahh?!!
    _jazakumullah…

    • jadi, dulunya tanah granit ini terbentuk karena adanya pendinginan magma yang lambat di bawah permukaan bumi. Pada umumnya, warna tanahnya berwarna putih hingga abu-abu, bahkan bisa juga terdapat kristal-kristal yang kasar di tanah tersebut.

      Terimakasih.🙂

  3. Wigas ⋅

    HALOGEN!!!! bukannya sangat sulit untuk bereaksi?

    • Nah, kalo Radon itu beda lagi. Sudah ilmuwan yang menemukan bahwa Radon, Kripton dan Xenon sudah bisa bereaksi, tapi baru dengan Flourin saja. Yang jelas, Radon adalah unsur radioaktif, jadi sudah jelas jika unsur tersebut bisa lebih reaktif dibanding gas-gas mulia lainnya.

      -Terima kasih :)-

  4. geuis ⋅

    alhamdulillah….rmh saya cukup banyak ventilasinya, jd bermanfaat skl ya….

  5. agus ⋅

    Wow.. Gimana nih cara sampling dan identifikasinya? Alat penangkap gas dan alat analisisnya maksud ku. Contoh pustaka/jurnalnya. Danke/kasoon/thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s