Posted on

Buat para gadget mania, hati-hati BAHAYA RADIASI!!


Waaah gawaaaaat! trus ntar gue ol gimana? Ngerjain tugas gimana? nanyain pr gimana? Manasin pasta gimana? Aduuh tenag aja kali gak usah gimana-gimanaaa..

Emang gak bisa dipungkiri bahwa aktifitas kita tidak bisa lepas dari yg namanya barang-barang elektronik terutama gadget. Dan kita juga gak bisa memungkiri bahwa yg namanya gadget itu memancarkan gelombang elektromagnet yang berbahaya karena termasuk radiasi radioaktif! wah,trus harus gimana dong? tenang,semua kan bisa ditangani. Misalnya saja untuk meminimalisir resiko yg bs ditimbulkan via telpon selular. Gak nyadar kan klo saat kita asik telpon-telponan ma temen,sobat,pacar,atau guru (nah lo ngapain?) ternyata tubuh kita mendapat transfer gelombang elektromagnet yg ditimbulkan oleh telpon seluler.

Di seluruh dunia saat ini telah terdapat 570 juta pemakai hand-phone dan dalam jangka waktu 5 tahun lagi jumlahnya akan terus meningkat hingga mencapai 1,4 bilion. Pernahkan anda mendengar berita bahwa handphone dapat menyebabkan kanker otak?

Meskipun hal di atas belum terbukti kebenarannya, tapi memang benar bahwa handphone memancarkan radiasi yg besar. Badan FCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yg dipancarkan beberapa handphone. Kekuatan radiasi handphone yg akan diterima otak atau yg dinamakan SAR (Specific Absorption Rate) diukur dalam satuan watt/kg. FCC menetapkan bahwa semua handphone yg memancarkan radiasi diatas 1.6 watt/kg dilarang utk diproduksi (dilarang masuk di amerika). Sebenarnya semua handphone yg beredar masih bisa dikategorikan “aman” karena tingkat SAR-nya masih dibawah 1.6 watt/kg. Meskipun demikian ada beberapa org yg merasa agak pusing atau telinganya panas setelah menggunakan handphone-handphone yg dikategorikan “aman” tersebut. Jadi yg betul-betul aman (bukan sekedar aman saja) adalah yg tingkat radiasinya dibawah 1 watt/kg. Maka dari itu utk memisahkan yg “aman” dan yg “betul-betul aman”, dibuatlah tabel dibawah ini.

Berikut ini tabel SAR yang dikeluarkan oleh United Kingdom National Physical Laboratory dan badan FCC Amerika (Federal Communication Comission)

Dari tabel di atas terlihat bahwa Philips Genie, Nokia 5110, dan Ericsson T28 memiliki tingkat radiasi yg cukup tinggi, bahkan hampir mendekati ambang batas bahaya yg ditentukan FCC, yaitu 1.6 watt/kg. Selain itu juga dapat dilihat bahwa Motorola V3688 memiliki tingkat radiasi paling rendah. Padahal sebenarnya radiasinya yg dipancarkan V3688 sangat tinggi, yaitu sebesar 1.58 watt/kg, namun karena handphone ini menggunakan design lipat (clam-shell) maka posisi antena berada di samping rahang (jauh dari otak), sehingga pengaruh pancaran radiasi dari antenna ke otak hanya sebesar 0.02 watt/kg saja. Untuk lebih jelasnya lihat pengaruh posisi antenna terhadap resiko kanker otak.

Dari penjelasan di atas mengenai pengaruh posisi antena thd pancaran radiasi ke otak, maka dapat ditemukan sebab mengapa handphone Motorola V dan StarTac memiliki tingat SAR yg paling rendah. Selain itu juga ditemukan sebab mengapa bila menggunakan Nokia 8210 kuping cepat terasa panas. Ini disebabkan karena Nokia 8210 menggunakan internal antenna sehingga pancaran radiasi mengarah ke telinga.

Nokia 8210 sendiri meskipun tergolong handphone beradiasi tinggi namun tingakt SAR-nya tidak terlalu tinggi (hanya sedikit diatas 1 watt/kg). Ini karena dengan internal antenna posisi antenna sedikit agak jauh dari otak. Ini berbeda dgn Nokia 5110, Philips Genie, Siemens C25, Ericsson T28, dan GF768 yg posisi antenanya jelas-jelas disamping otak kita. Telinga yg panas tentunya lebih baik drpd otak kita yg panas.

Rendahnya tingkat radiasi handphone tentu juga ada kaitannya dgn kekuatan sinyal handphone. Asumsinya, semakian besar radiasinya, maka semakin kuat pula sinyalnya. Nokia 8810 yg radiasinya sangat rendah (0.22 watt/kg) mungkin juga menjadi sebab lemahnya sinyal handphone ini. Ini berbeda dgn Motorola V yg tingkat SAR-nya rendah, tapi anehnya sinyalnya lebih kuat. Hal ini disebakan karena pancaran radiasi dari Motorola V sebenarnya sangatlah besar, yahitu hampir 1.6 watt/kg (mendekati ambang bahaya FCC). Tapi karena penempatan posisi antenanya jauh dari otak (disamping rahang kita) maka akhirnya pancaran radiasi yg diterima otak kita akhirnya sangat rendah. Artikel di atas tidak ada maksud untuk Anda tidak menggunakan alat komunikasi (HP), tidak lain hanyalah sebagai suatu wacana bagi kita semua, mungkin dengan perkembangan/majunya teknolgi pada saat sekarang akan lebih baik dari yang sebelumnya dan efek dari radiasi alat komunikasi akan semakin berkurang sehihngga bisa di pakai dengan aman dan tentunya nyaman pula.

Terakhir tambahan dari saya, menurut pendapat Anda bagaimana dengan perangkat tambahan HANDPHONE seperti HANDFREE, apakah perangkat tambahan tersebut pada saat sekarang mungkin bisa membantu mengurangi dari efek radiasi suatu HANDPHONE ? Anda mungkin lebih mengetahui perkembangannya, silahkan Anda kasih kommentar buat saya sebagai bahan rujukan, terima kasih. (Berbagai sumber)

Dikutip dari link: http://1-1y4n9.blogspot.com/2009/04/bahaya-hp-terhadap-organ-tubuh-kita.html

-Semoga bermanfaat :)-

3 responses to “Buat para gadget mania, hati-hati BAHAYA RADIASI!!

  1. syahiradhia ⋅

    waaaaaaaaaah bahaya banget yaa kal sering pake hp apalagi halo sering teleponan -.-
    kalo saamsung tinggi ga ya tingkat radiasinya ?

    • kalau menurut di atas nampaknya, tingkat radiasi samsung tidak terlalu tinggi. Tapi, sebesar apapun radiasinya, itu akan tetap berdampak pada tubuh kita jika radiasi tersebut ada selalu di dekat kita. Jadi, intinya kurangi main-main hp yaaa🙂

      Terima kasih🙂

  2. syahiradhia ⋅

    itu maksudnya kalo sama samsung hehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s