Posted on

Radioaktif tu ga jelek-jelek amat kok.. :D “MANFAAT RADIOAKTIF”


eeeiiit… jangan su’udzon yah bro, sis, sebenernya radioaktif tuh ada manfaatnya.. masih inget kan post sebelumnya?? yang ini… “Di alam ini memang terdapat apa yang disebut dengan unsur radioaktif, yakni sifat dari suatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat tersebut tidak stabil.” Pasti inget, (soalnya udah diingetin). Nah,, kalo dilihat dari pengertiannya, radioaktif itu sangat berbahaya, karena dia memancarkan sinar radiasi., bisa menyebabkan kanker tuh.. TAPIIIII…… radioaktif juga bisa sangat berguna, seperti di bidang kedokteran, pertanian, dan lainnya….

buat yang para dokter dan calon dokter nih, di bidang kesehatan, zat radioaktif ini sangat berguna, misalnya…..

I-131 Terapi penyembuhan kanker Tiroid, mendeteksi kerusakan pada kelenjar gondok, hati dan otak
Pu-238 energi listrik dari alat pacu jantung
Tc-99 & Ti-201 Mendeteksi kerusakan jantung
Na-24 Mendeteksi gangguan peredaran darah
Xe-133 Mendeteksi Penyakit paru-paru
P-32 Penyakit mata, tumor dan hati
Fe-59 Mempelajari pembentukan sel darah merah
Cr-51 Mendeteksi kerusakan limpa
Se-75 Mendeteksi kerusakan Pankreas
Tc-99 Mendeteksi kerusakan tulang dan paru-paru
Ga-67 Memeriksa kerusakan getah bening
C-14 Mendeteksi diabetes dan anemia

di bidang pertanian juga ada,, seperti….

1. Pemberantasan hama dengan teknik jantan mandul, contoh : Hama kubis
2. Pemuliaan tanaman/pembentukan bibit unggul, contoh : Padi
3. Penyimpanan makanan sehingga tidak dapat bertunas, contoh : kentang dan bawang

di bidang industri juga berguna lho, contohnya…

1. Pemeriksaan tanpa merusak, contoh : Memeriksa cacat pada logam
2. Mengontrol ketebalan bahan, contoh : Kertas film, lempeng logam
3. Pengawetan bahan, contoh : kayu, barang-barang seni
4. Meningkatkan mutu tekstil, contoh : mengubah struktur serat tekstil
5. Untuk mempelajari pengaruh oli dan aditif pada mesin selama mesin bekerja

masih banyak lagi manfaat radioaktif, seperti mempelajari kecepatan aliran sungai dan
menyelidiki kebocoran pipa air bawah tanah. ini dapat berguna banget buat anak-anak teknik. para ilmuwan juga dapat terbantu dengan adanya zat radioaktif ini. namun, radioaktif ini bisa juga sangat fatal bila digunakan tidak sesuai aturannya. seperti di bidang kedokteran, dokter yang salah dalam menggunakan zat radioaktif ini, bisa-bisa pasiennya menjadi tambah parah atau sampai meninggal.

so, kita bisa memanfaatkan zat radioaktif yang bermanfaat ini, namun sesuai dengan aturannya, tidak berlebihan.

“wah, ternyata zat radioaktif ini sangat berguna, bisa juga menjadi sangat fatal. radioaktif kayak gimana sih? zatnya kayak gimana?”

tunggu di post selanjutnya yaa…🙂 kalau ada pertanyaan dan komentar, comment aja..🙂

-semoga bermanfaat-

11 responses to “Radioaktif tu ga jelek-jelek amat kok.. :D “MANFAAT RADIOAKTIF”

  1. candra

    wahaa banyak juga ya manfaatnya , tapi yang msih aku bingung tuh carakerjanya. sperti manfaat pemuliaan makanan, pengawetan bahan dll. nah itu cara kerjanya gmana ?

    • Cara pemulian adalah dengan cara memancarakan sinar-sinar radioaktif (sinar pengion) kepada inti sel yang dimiliki oleh media yang ingin kita cobakan, contohnya tumbuhan. Kemudian, hal itu akan menyebabkan ionisasi atom-atom pada inti sel, sehingga inti-inti sel yang ada pada tumbuhan dengan sinar pengion dapat saling mempengaruhi.

      Pada kasus ini, proses yang terjadi adalah proses biologi, yaitu proses yang menyebabkan gangguan2 pada fisiologis, genetis, dan sebagainya.

      Nah, setelah pemancaran dengan sinar pengion selesai, inti sel pada tumbuhan itu akan mengalami perubahan susunan kimiawi, sehingga dapat terjadi perubahan sifat genetika pada tumbuhan. Akhirnya, tumbuhan tersebut dapat menghasilkan buah yang lebih banyak, lebih segar, bisa lebih tahan lama, dan sebagainya.

      Hal ini juga berlaku pada pemulian makanan ataupun pengawetan makanan, karena pada umumnya makanan terbuat dari hewan atau tumbuhan. Kita hanya perlu memancarkan sinar radioaktif itu ke inti sel yang ada pada tumbuhan atau hewan yang akan dijadikan sebagai makanan.

      Terima kasih..

  2. rani ⋅

    wah ternyata radioaktif banyak manfaatnya… tetapi seperti yang kita tahu radioaktif juga cukup berbahaya … bisa dijelaskan bagaimana sih cara penanganan radioaktif dalam penggunaannya agar mengurangi resiko bahaya??
    tengkyu

    • banyak cara untuk menurangi resiko dari bahaya radioaktif itu sendiri. Misalnya dari segi intensitas penggunaan (radioaktif via barang elektronik). Selain itu akan lebih baik jika kita menjaga jarak antara tubuh dengan barang elektronik tersebut untuk menghindari kontak radiasi secara langsung. Trus klo untuk radiasi via telpon selular bisa diminimalisir dengan cara menggunakan hp seperlunya saja (misalnya tidak menelpon sampai berjam”). Akan lebih baik jika kita menggunakan hansfree karena akan memperkecil gelombang elektrimagnetik yg ditimbulkan.
      Untuk rumah yg berada di kawasan SUTET dan masih merasa kurang aman dari ancaman radiasi elektromagnet yg ditimbulkan,bisa diatasi dengan melapisi penyangga dan atap rumah dengan logam,karena logam ini tidak dapat ditembus oleh gelombang elektromagnet. Itu adalah contoh cara penanganan resiko dari radiasi radioaktif yg umum dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Nya_ku ⋅

    Hoo…gitu tho.
    Emang buat menyelidiki pipa gimana caranya?

    • untuk mendeteksi kebocoran pipa bawah tanah biasanya digunakan radioisotop Na-24 dalam bentuk garam NaCl atau Na2CO3. Garam tersebut dilarutkan kedalam air. Kemudian permukaan tanah di atas pipa air diperiksa dengan alat pencacah radioaktif yg namanya Geiger Counter. Klo ada intensitas radiasi yg berlebih itu artinya ada kebocoran di pipa tersebut🙂

  4. ayu ⋅

    asiik manfaatnya banyak kalo bisa dikasih gambar juga yaa biar gak blank sama apa yang lagi dibicarain disini.
    di samping manfaatnya yang banyak kan ada bahaya juga tuuh nah gimana cara kita menanggualangi hal itu.
    kapan kita bisa memanfaatkan radioaktif sesuai manfaatnya tanpa menimbulkan efek yang berbahaya🙂

    • Iya, makasih ayu.🙂
      Sebenarnya, dengan kita mengetahui apa saja radioaktif dan dimana saja tempat mereka, kita bisa menghindari bahaya-bahayanya. Namun, jika sudah terlanjur terkena efek radioaktifnya, cukup sulit untuk ditanggulanginya, karena efek radioaktif ini berakibat sangat luas terhdap sel atau apapun yang mereka kenai.
      Nah, kita bisa memanfaatkan radioaktif saat kita tahu apa itu radioaktif. Hehe. Makanya, ikuti update-nya blog ini ya.

      -Terimakasih :)-

  5. Hi, i think that i saw you visited my blog so i came to “return the favour”.I am looking for ways to add things to my website!Is it ok if i use some of the things i saw here?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s