Posted on

Radio Aktif di sekitar kitaaaaa :)


Di alam ini memang terdapat apa yang disebut dengan unsur radioaktif, yakni sifat dari suatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat tersebut tidak stabil. Secara alami dalam tulang kita terdapat (sedikitinya dua) unsur radioaktif, yakni polonium dan radium. Otot-otot kita mengandung unsur karbon (C) dan kalium (K) radioaktif. Sementara itu, dalam paru-paru kita juga terdapat gas mulia radioaktif dan tritium. Zat-zat ini dan banyak zat lainnya secara terus-menerus memancarkan radiasi dan menyinari tubuh kita dari dalam. Kita juga terkena radiasi dari dalam melalui semua zat radioaktif alam dan buatan yang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Dalam bidang kesehatan, radiasi justru menjadi penyelamat. Kadang-kadang kita menjalani pemeriksaan dengan sinar-X dan mammografi. Dokter gigi kemungkinan memutuskan untuk menyinari gigi kita dengan sinar-X. Pengobatan dan pemeriksaan medik juga memerlukan zat-zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam tubuh kita. Penyakit kanker kadang-kadang diobati dengan sinar-X atau unit telekobal (disebut juga bom kobal).

Contoh-contoh ini secara jelas menunjukkan bahwa tidak semua radiasi berbahaya. Sebaliknya, memang benar bahwa radiasi dapat membunuh, dengan cepat atau secara perlahan. Oleh karena itu, baik untuk diketahui, kapan seseorang seharusnya takut terhadap radiasi dan kapan seharusnya tidak takut.

Rokok mengandung zat radioaktif
Rokok mengandung nikotin, semua orang tahu. Tetapi rokok mengandung bahan radioaktif, belum tentu semua orang tahu.Mengenai keradioaktifan rokok, ada dua unsur yang menjadi “biang keladi”nya, yaitu polonium (210Po) & timbel (210Pb), yang semuanya termasuk dalam kelompok radionuklida dengan toksisitas (tingkat keberacunan) sangat tinggi. Po-210 adalah pemancar radiasi-a, sedangkan Pb-210 adalah pemancar radiasi-ß. Kedua jenis radiasi tersebut, terutama radiasi-a, berpotensi untuk menimbulkan kerusakan sel tubuh apabila terhisap atau tertelan. Kejadian kanker paru pada perokok pun belakangan ditengarai lebih disebabkan oleh radiasi-a & bukan karena tar dalam tembakau.

Lalu, bagaimana 210Po & 210Pb bisa sampai di rokok? Perhatikan gambar berikut. Tanah, sebagai tempat tumbuh tanaman tembakau yang merupakan bahan utama rokok, mengandung radium (226Ra). Radium ini adalah induk yang nantinya dapat meluruh, & dua di antara sekian banyak unsur luruhannya adalah 210Po & 210Pb. Melalui akar, 210Po & 210Pb pun terserap oleh tanaman tembakau. Penggunaan pupuk fosfat yang mengandung kedua unsur tersebut, tentu saja, menambah konsentrasi 210Po & 210Pb dalam tembakau. Mekanisme lain, & ini adalah yang utama, adalah lewat daun. Po-210 & Pb-210 terendapkan pada permukaan daun tembakau sebagai hasil luruh dari gas radon (222Rn) yang berasal dari kerak bumi & lolos ke atmosfer. Daun tembakau memiliki kemampuan tinggi untuk menahan & kemudian mengakumulasi 210Po & 210Pb karena adanya bulu-bulu tipis ~yang disebut trichomes~ di ujung-ujungnya.

Nah,itu dia aplikasi mengenai radio aktif yg ada di sekitar kita..

Bagi yang baca dan mau bertanya atau penasaran mengenai unsur radio aktif ini,leave commenet aja ya.. makasih🙂

28 responses to “Radio Aktif di sekitar kitaaaaa :)

  1. Nice, tingkatkan lagi🙂
    Di bagian Halaman, jangan hanya Home dan About aja. Coba lebih ditambahin walau butuh waktu yang lama.

    If you want to see for example.
    Look my wordpress if you want.
    http://hnzographic.wordpress.com/

  2. aduh gak ngerti aku jah ngeditnya mah.. biarin ntar aku privat aja ke kamu..
    tanggapan kmu mengenai kontennya gmn jah? itu tuh yg rokok..

  3. Geuis Rosmayati ⋅

    ih pusing y? ada bhasa kimianya sih
    bisa di buat lebih sederhana gak buat kita2 ibu rumah tangga. Apa positif dan negatifnya radio aktif itu?

  4. makasih udah komen bu.. hahaha
    iya emang ini tentang unsur” dalam kimia,jadi maklum klo bnyk bahasa kimianya.
    terimakasih untuk sarannya ya bu,nanti akan kami coba buat supaya lebih mudah dimengerti🙂

  5. M Fajar 'SeveN' Ramadhan ⋅

    ooo ternyata rokok ada radio aktif nya jga…
    tah bgi para perokok harap tobat
    trnyata jga gk semua radio aktif berbahaya

    • eta pisan!! heheh…
      biasanya sih zat-zat radio aktif tuh dipake dalam bidang kedokteran, industri, hidrologi,, macem-macem deh.. kalo pengen tau selengkapnya… tunggu post selanjutnya yaa…🙂

  6. Good job !! kalo bisa sama gambarnya dong biar tambah keren !
    keep posting .
    jangan lupa visit isolution3.wordpress.com
    ask us and help us !!
    -Naqi-

  7. ekoph

    nice post…

    tapi saya menemukan hal yang SAMA PERSIS di
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5132527

    terus ada yang aneh, gambarnya kok nggak muncul, katanya di paragraf 5, mau menjelaskan sesuatu dengan gambar?

    • saya mau konfirmasi pak selaku pihak yg ngepost. Jadi gini,sebenernya saya nemuin artikel itu dari http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=283&fname=materi8.html itu kumpulan materi sekolah gitu pak. Dan kebetulan untuk artikel rokok itu emang request dari ade saya yg smp,katanya mau di share ma dia (mgkn ke para pengguna rokok di friendlist dia). JADI ITU YG ORANG KASKUS DEH KAYAKNYA PAK YANG NGOPI DARI WEB YG ASLINYAAAA😀
      klo masalah gambar,saya emang gak ngerti cara masukinnya pak,nah lo makanya bingung knp pas di post kok gak muncul gitu gambarnya.. hehe

  8. rifina ⋅

    wah, cukup bagus artikelnya, kita jadi tau kalau rokok jg ternyata mengandung senyawa radioaktif ya..
    btw, bisa kasih info ngga tentang efek samping apa aja kalau kita terpapar radioaktif, misalnya karena sering merokok?

    • efek samping yang bisa kita dapatkan banyak banget
      efek samping secara langsung bisa kita lihat kalau ada orang jarang merokok lalu merokok, dia biasanya akan batuk-batuk. Karena, asap yang dihisap perokok yang mengandung zat radioaktif yaitu polonium dan timbel, membuat sel sel di tubuhnya rusak. sel-sel paru-paru dan sistem pernapasanlah yang rusak sehingga mengahambat pernapasan. ini karena pancaran radiasi dari zat radioaktifnya. efek sampingnya bisa jadi sesak napas dan gangguan pernapasan lainya.

      biasanya ‘anak farmasi’ bisa mengerti tentang hal seperti ini, karena berhubungan dengan kesehatan dan cara penyembuhannya. hehe..

  9. rifina ⋅

    eh maksud saya selain kanker gitu..hehe..😛

  10. KuRan ⋅

    komen apa cha ???

    ahahahahahaha

  11. Nice post. Sedikit saran untuk artikelnya,ditambah efek grafis dengan visual yang cukup dapat membantu artikel ini untuk lebih mudah dipahami😀

    Siberwolves.

  12. hikari ⋅

    selain rokok, apa aja contoh yg mengandung radioaktif yg sering d konsumsi oleh banyak orang? mksih😀

  13. cantik ⋅

    kereeeeen😉

  14. auroraborealis ⋅

    bagus infonya, bisa di share buat para perokok pemula🙂

  15. Bismillah..
    Baru tau di otot ada radioaktifnya. Postnya keren, hanya saja, saran dari kaka, buat posting khusus yang membahas rokok dan segala tentangnya. Sadarkan mereka para perokok. Kalau bisa, sekalian bahas dari segi agama juga..
    *sok formal*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s