Wah ada juga produk radioaktif yang ‘aneh’


1.Radioaktif Comdoms (namanya kontroversial -_-)

Kalo butuh obat untuk para zombie atau dibutuhkan sinar matahari yang bersinar tiada henti,dalam kurun 1918-1928, Anda bisa mengambil Radithor. Ini adalah obat paten dan tokcer yang aktif adalah bahan radium isotop. Tiap orang mengambil sample rahang yang tak sedikit jumlahnya.
Marie Curie lah yang menemukan unsur radioaktif imajinasi bangsa. Radioaktivitas dipandang sebagai energi baru dan dianggap memiliki kekuatan yang dapat menyembuhkan.

2.Es Krim Uranium

Uranium es krim adalah salahsatu contoh antusiasme masyarakat mengenai radioaktivitas saat pertamakali muncul, hal ini dilakukan untuk merayakan penemuan lokal bijih Uranium.
Tidak ada catatan warna atau rasa, dan tidak ada tanda-tanda bahwa produk ini telah dijual secara bebas di luar Pantai Barat.

Continue reading

Advertisements

Bagaimana Daya Tembus Sinar-Sinar Radioaktif (Alfa, Beta dan Gama)??


Tahukah kamu, apa saja sinar-sinar radioaktif itu? Dan, sebenarnya apa sih sinar radioaktif? Jadi, sinar radioaktif adalah sinar yang dipancarkan oleh unsur radioaktif. Sinar radioaktif memiliki banyak perbedaan dari sinar lainnya (seperti sinar matahari), antara lain:

  • memiliki daya tembus yang besar, sehingga dapat menghitamkan plat foto yang terbungkus kertas hitam,
  • dapat mengionisasi media yang dilaluinya, oleh karena itu disebut juga radiasi pengion.

Radiasi pengion yang dihasilkan oleh isotop radioaktif dapat berupa radiasi partikel, yaitu radiasi sinar alfa dan sinar beta, maupun berupa radiasi elektromagnetik berenergi tinggi, yaitu radiasi sinar gama.

Perhatikan video berikut ini,

Continue reading

Penemuan Unsur Radioaktif


Sejarah penemuan zat radioaktif diawali dengan ditemukannya sinar X oleh Wilhelm Conrad Roentgen pada tahun 1895. Setelah itu, para ilmuwan menyadari bahwa beberapa unsur dapat memancarkan sinar-sinar tertentu, meskipun pada waktu itu para ilmuwan belum memahami hakikat sebenarnya dari sinar-sinar tersebut serta mengapa unsur-unsur memancarkannya.

Continue reading

Radioaktif tu ga jelek-jelek amat kok.. :D “MANFAAT RADIOAKTIF”


eeeiiit… jangan su’udzon yah bro, sis, sebenernya radioaktif tuh ada manfaatnya.. masih inget kan post sebelumnya?? yang ini… “Di alam ini memang terdapat apa yang disebut dengan unsur radioaktif, yakni sifat dari suatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat tersebut tidak stabil.” Pasti inget, (soalnya udah diingetin). Nah,, kalo dilihat dari pengertiannya, radioaktif itu sangat berbahaya, karena dia memancarkan sinar radiasi., bisa menyebabkan kanker tuh.. TAPIIIII…… radioaktif juga bisa sangat berguna, seperti di bidang kedokteran, pertanian, dan lainnya….

buat yang para dokter dan calon dokter nih, di bidang kesehatan, zat radioaktif ini sangat berguna, misalnya…..

Continue reading

Radio Aktif di sekitar kitaaaaa :)


Di alam ini memang terdapat apa yang disebut dengan unsur radioaktif, yakni sifat dari suatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat tersebut tidak stabil. Secara alami dalam tulang kita terdapat (sedikitinya dua) unsur radioaktif, yakni polonium dan radium. Otot-otot kita mengandung unsur karbon (C) dan kalium (K) radioaktif. Sementara itu, dalam paru-paru kita juga terdapat gas mulia radioaktif dan tritium. Zat-zat ini dan banyak zat lainnya secara terus-menerus memancarkan radiasi dan menyinari tubuh kita dari dalam. Kita juga terkena radiasi dari dalam melalui semua zat radioaktif alam dan buatan yang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Dalam bidang kesehatan, radiasi justru menjadi penyelamat. Kadang-kadang kita menjalani pemeriksaan dengan sinar-X dan mammografi. Dokter gigi kemungkinan memutuskan untuk menyinari gigi kita dengan sinar-X. Pengobatan dan pemeriksaan medik juga memerlukan zat-zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam tubuh kita. Penyakit kanker kadang-kadang diobati dengan sinar-X atau unit telekobal (disebut juga bom kobal).

Continue reading