Rumitnya pembunuhan para mata-mata Rusia


Setelah lama gak dapet berita” yang greget buat bahan postingan, apalagi pas tau klo ternyata cro circle belum tentu atau mungkin kemungkinan besar gak mengandung radioaktif, baik sinar alfa, beta maupun gamma. Saya coba browsing tentang rahasia si radioaktif ini dan jengjeeeeeng! tiba” teringat kasusnya Munir..

TEMPO Interaktif, LONDON: Racun digunakan mengakhiri nyawa Alexander Litvinenko, mantan agen rahasia Rusia yang tinggal di Inggris.
Para pakar yakin kasus pembunuhan Litvinenko ini melibatkan pengetahuan ilmiah yang lumayan tinggi. Soalnya, racun yang ditemukan dalam dosis tinggi di tubuh Litvinenko adalah bahan radioaktif polonium-210 dosis tinggi yang sukar diperoleh.
Jejak radiasi ditemukan di lima lokasi di seputar London setelah kasus itu terjadi, termasuk sebuah restoran sushi dan hotel yang dikunjungi bekas agen rahasia yang tinggal di Inggris itu. Yang menjadi misteri adalah unsur radioaktif itu amat sulit diperoleh dan sulit dideteksi.
Continue reading

HASIL Biomedis APOLLO – RADIASI PERLINDUNGAN DAN INSTRUMENTASI


HASIL Biomedis APOLLO – RADIASI PERLINDUNGAN DAN INSTRUMENTASI
oleh Vernon J. Bailey dan Lyndon B. Johnson Space Center

Pengantar

Radiasi matahari dan kosmik yang ditemukan di ruang angkasa telah lama dikenal sebagai bahaya yang mungkin dalam perjalanan ruang angkasa. Paparan radiasi tersebut memiliki potensi menyebabkan masalah medis serius. Sebagai contoh, paparan radiasi bisa menghasilkan sejumlah perubahan signifikan dalam berbagai elemen darah, membuat individu lebih rentan terhadap penyakit; juga, radiasi pengion tipe yang ditemukan di ruang angkasa dapat menghasilkan kerusakan yang signifikan pada lensa mata. paparan Radiasi juga dapat menyebabkan kerusakan sementara atau kekal terhadap sistem reproduksi mulai dari kesuburan berkurang menjadi kemandulan permanen. Tingkat kerusakan tergantung pada jaringan yang terlibat, lama pemaparan, dosis yang diterima, dan faktor lainnya.
Continue reading

Kenapa Matahari …… ?


Terinspirasi dari pertanyaan seorang reader blog ini yg punya rasa penasaran yang sangat tinggi terutama pada zat radioaktif,hingga dia menanyakan banyak hal yang cenderung menjurus ke aktivitas sang surya atau matahari. Sebagaimana kita tau dari postingan” sebelumnya tentang reaksi fusi yg mengakibatkan gas helium dan hidrogen bergabung hingga terbentuk suatu energi yg bakal terus mengalami siklus perputaran produksi.
Buaat kalian yang penasaran banget kenapa matahari bisa ada apinya? kenapa bisa terjadi reaksi di luar angakasa padahal di sana kan ha,ap udara? dan apakah matahari bakal mati,coba yuk kita obrolin tapi sambil nganalisis aja yaa.. da semua benda langit dan isinya mah udah ada yg ngatur (ceile)
reaction
Continue reading

Manusia Sang Mahluk Peradiasi?


Haiiiiiiiiiii semuanyaaa.. lama banget ya kita gak ketemu.. gomeeen alias hapunteeen pisan baru posting lagi.. kemaren para radioaktifemale (terutama saya) sibuk pisan euy parah -,- daan sekarang mari kit angobrol” lagi tentang radioaktif.

kalain pada nyadar gak seeeh? tubuh kita tuh memancarakan radiasi (bussset). Percaya gak percaya,kerasa gak kerasa dalam proses pernafan,kita tuh udah menghirup¬†gas radon dan thoron yang ada di udara, yang mereka tuh adalah hasil peluruhan deret uranium dan deret thorium. Gas itu berasal dari batuan yang mengandung uranium dan thorium. Lewat aktivitas eating dan drinking (so’ iye) maksudnya makan dan minum, manusia memasukkan karbon-14 dan kalium 40 ke dalam tubuhnya. Dosis kedua radionuklida itu, walaupun rendah masih juga terdeteksi loooh. Kalium 40 terdapat dalam darah dan gonad, sedangkan karbon 14 umumnya terdapat dalam jaringan kulit lunak. Nah lo. pada nyadar gak nih?

Continue reading

Binatang Aneh nan Berguna (Bagi Hidupnya Sendiri)


Seperti yang kita tau, Tuhan telah menciptakan mahluknya berpasang-pasangan.. seperti laki-laki dan perempuan, beruang betina dgn beruang jantan (tentunya) dan kecoa dgn radioaktif. LOH??

Kalian pasti bertanya” knp soulmate binatang yg bikin geli ini kok malah radioaktif?

Begini,pada dasarnya semua mahluk punya manfaat hidup di dunia ini. Tapi setelah saya cari tau manfaat dari hidupnya si binatang kamar mandi ini gak banyak. Malah cenderung egois. Kenapa saya sebut egois?

Karena manfaat hidup dia hanya untuk bertahan hidup saat adanya radiasi yang memancar. Emang sih belum ada bukti fisis yang kuat,tapi dgn adanya serangan bom nuklir di suatu negara (buset ternyata ada juga ya kecoa di luar negri -_______-) ternyata hanya Tuan kecoa ini lah yang mampu bertahan hidup. Karena pada umumnya sel-sel yang ada di mahluk hidup bersifat sensitif terhadap radiasi terutama pada fase pembelahan sel. Nah,si kecoa ini sel-selnya hanya melakukan pembelahan dalam kurun waktu seminggu sekali,jadi sel mereka hanya sekitar 48 jam sensitif terhadap radiasi. sisanya nyantaiii.. wong itu soulmate gue,kata si kecoa.

Nih ya,bedanya sama manusia yang pada tinggi,ganteng,cantik,baik hati,dermawan,rajin menabung dan rajin mandi. Si kecoa ini lebih unggul. Soalnya darah dan immine stem-cell pada manusia mebelah secara konstan. Jadi logikanya,klo emang kita manusia biasa yang kakinya masih napak ke lantai,dengan adanya radiasi bom nuklir kayaknya rada gak mungkin untuk bertahan hidup. Yang anehnya lagi,seseorang bernama Mythbusters (gatau deh profesinya apaan?) melakukan penelitian yang hasilnya begitu mencengangkan yakni kecoa masih bisa bertahan hidup pada intensitas radiasi 10x lipat yang dibutuhkan untuk membunuh manusia..

macem” ajee tuh binatang..