Posted on

terrible news. Poor me couldn’t do anything :(


Seperti biasa,sebelum berangkat sekolah kan sarapan dulu tuh,iseng deh ya sambil nonton berita (isengya gaya). But it fells so terrible when i found a bad news about Japan. Zat radioaktif sudah mencemari air laut. What will happen later,i thought.

Liputan6.com, Tokyo: Pascagempa yang berakibat kebocoran reaktor nuklir di Jepang, paparan radioaktif mulai mengganggu kehidupan rakyat. Setelah temuan zat radioaktif dalam sayuran, kali ini menurut laporan NHK, Selasa (22/3), tingkat zat yodium radioaktif dan cesium berlebihan juga ditemukan dalam air laut di dekat pembangkit listrik Fukushima.
Tokyo Electric Power Company atau TEPCO telah mengumpulkan sampel air laut sekitar 100 meter dari selatan reaktor nuklir. Air laut dalam sampel ditemukan mengandung yodium radioaktif-131 yang melebihi standar hukum 126,7 kali. Selain itu, zat cesium-134 sebesar 24,8 kali, dan cesium-137 sebesar 16,5 kali juga terkandung di dalamnya.
Seluruh zat tersebut adalah standar yang diangap aman untuk konsumsi setiap hari selama sepuluh tahun. Asupan tahunan tersebut sesuai dengan satu millisievert, atau paparan radiasi maksimum dianggap aman per tahun.
Sementara itu, Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiologi merekomendasikan paparan yang disimpan di bawah satu millisievert per tahun. “Pencemaran air laut tidak akan menimbulkan bahaya langsung karena bahan radioaktif diketahui tersebar di lautan,” ungkap peneliti senior Jun Misono dari Penelitian Ekologi Kelautan.
Ia menambahkan. “Caesium radioaktif cenderung akan berkembang dalam jaringan ikan, sehingga perlu untuk terus memantau dan meneliti dampaknya terhadap kehidupan laut”.

Ternyata gak cukup dengan satu berita itu doang. Berita lain yg jg saya dengar adalah pencemaran zat radioaktif yg ternyata gak hanya di air laut. Vegetables and milk have been contamined by it. Parah banget. What you wanna do? Poor me. Couldn’t do anything 😦

_pray for Japan_

Leave a comment