Posted on

Bagaimana Daya Tembus Sinar-Sinar Radioaktif (Alfa, Beta dan Gama)??


Tahukah kamu, apa saja sinar-sinar radioaktif itu? Dan, sebenarnya apa sih sinar radioaktif? Jadi, sinar radioaktif adalah sinar yang dipancarkan oleh unsur radioaktif. Sinar radioaktif memiliki banyak perbedaan dari sinar lainnya (seperti sinar matahari), antara lain:

  • memiliki daya tembus yang besar, sehingga dapat menghitamkan plat foto yang terbungkus kertas hitam,
  • dapat mengionisasi media yang dilaluinya, oleh karena itu disebut juga radiasi pengion.

Radiasi pengion yang dihasilkan oleh isotop radioaktif dapat berupa radiasi partikel, yaitu radiasi sinar alfa dan sinar beta, maupun berupa radiasi elektromagnetik berenergi tinggi, yaitu radiasi sinar gama.

Perhatikan video berikut ini,

See! Perbedaan daya tembus di antara 3 sinar radioaktif tersebut sangat jelas berbeda.

Percobaan pertama adalah memperlihatkan bagaimana daya tembus sinar radioaktif yang bernama sinar alfa. Sinar ini dipancarkan ke telapak tangan tanpa ada media penghalang apapun di hadapan tangan tersebut. Hasilnya, bahwa sinar alfa hanya akan sampai kepada telapak tangan tanpa dapat menembus tangan yang ditengadahkan tersebut. Setelah itu, di antara telapak tangan dan sinar alfa dihalangi oleh sebuah kertas. Terlihat pada video, sinar alfa berakhir di helaian kertas tersebut tanpa meneruskan sinarnya ke telapak tangan.

Lalu, percobaan kedua adalah memperlihatkan bagaimana daya tembus sinar beta. Perbedaan dengan sinar yang sebelumnya, sinar alfa, yaitu saat di antara sinar beta dan telapak tangan tersebut dihalangi oleh sehelai kertas, sinar beta tetap meneruskan sinarnya ke telapak tangan itu. Nah.. Setelah di antara sinar beta dan tangan diberikan penghalang lagi dengan sebuah alumunium, maka sinar beta itu baru tidak meneruskan sinarnya ke telapak tangan. Akhirnya, sinar beta berhenti di sebuah lempengan alumunium.

Yang terakhir adalah percobaan mengenai bagaimana daya tembus sinar gama. Sama seperti sinar sebelumnya, bahwa sinar gama juga masih bisa menembus sehelai kertas. Namun, sinar ini juga bisa menembus alumunium yang menghalanginya terhadap telapak tangan tersebut. Sinar inilah yang memiliki daya tembus yang paling kuat di antara sinar lainnya. Hanya media seperti beton yang dapat memberhentikan sinar gama ini.

Kesimpulannya, daya tembus sinar alfa < daya tembus sinar beta < daya tembus sinar gama.

-Semoga bermanfaat :)-

About these ads

6 responses to “Bagaimana Daya Tembus Sinar-Sinar Radioaktif (Alfa, Beta dan Gama)??

  1. hendra akhdhiat ⋅

    penjelasan tentang daya tembus dan manfaat sinar radioaktif ini memang perlu ntk diteketahui dan dipahami. namun penjelasan tentang dampak sinar radioaktif terhadap kesehatan manusia juga harus dijelaskan. misalnya saja, reasoning mengapa seseorang harus memberi info yang akurat manakala ybs akan menjalani pemerikasaan dengan rontgen.

    • Dampak dari sinar radioaktif ini dapat merusak senyawa kimiawi yang ada dalam inti sel manusia. Sehingga, dapat terjadi kemungkinannya perubahan fisiologis pada manusia tersebut.

      Mengapa seseorang harus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu sebelum di rontgen? Karena takutnya inti-inti sel pada manusia tersebut tidak dapat tahan terhadap sinar radioaktif yang diberikan saat rontgen, yang nanti malah bisa mengakibatkan perubahan pada fisiologisnya, sehingga harus diperiksa terlebih dahulu.

  2. rifina ⋅

    wah, bagus artikelnya. makasih ya, sekarang saya jadi ngerti kalau kekuatan sinar alfa, beta, dan gamma seperti itu. videonya juga menarik dan mudah dimengerti.
    tapi, yang masih saya belum mengerti yaitu mengapa sinar alfa bisa begitu pendek?
    menurut saya penjelasannya masih kurang jelas. terima kasih

  3. terima kasih juga atas sarannya

    Sinar alfa merupakan partikel yang dipancarkan oleh inti atom dan berbentuk inti atom Helium. Sinar alfa mempunyai energi sekitar 1 MeV sampai 10 MeV dan mempunyai kecepatan 7000 hingga 20.000 km/sekon. Oleh karena dia hanya mempunyai dua muatan listrik, maka sinar alfa akan langsung diserap bahan. Akibatnya, radiasi sinar alfa mempunyai daya tembus pendek, dan mempunyai jalur lurus, karena massanya yang besar. Pada kulit, radiasi sinar alfa hanya menembus hingga lapisan epidermis, khususnya bagian sel yang mati, dan jarang sekali menembus hingga sel hidup kecuali sinar alfa mempunyai energi yang cukup besar. Sebagai proteksi, digunakan selembar kertas untuk radiasi eksternal, tetapi untuk radiasi internal, radiasi alfa akan sangat berbahaya sekali.

    gitu mba,,

  4. rani ⋅

    hmmm….iya saya sekarang tau bedanya sinar alfa, beta, dan gamma…. nah yang saya tanyakan adalah apa kegunaan masing2 sinar tersebut? tentunya kegunaannya berbeda2 pada masing2 sinar….tolong dijelaskan juga cara kerjanya ya…..

    nah sebagai mahasiswa teknik kimia, saya mau ngasi link contoh penggunaan radioaktif di industri minyak dan gas…. silakan dibaca http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12972126.pdf

    • seperti yg kita tau bahwa radio aktif udah kayak pisau bermata dua. Artinya selain ia berguna tapi juga punya bahaya yg cukup fatal. Manfaat zat radioaktifd misalnya di bidang kedokteran untuk tele-therapy dan brachy teraphy. Selain itu radiasi radioaktif biasa digunakan untuk radiodiagnosis (pemeriksaan) dan radiotherapy (pengobtan). Namun radioaktif ini memiliki apa yg disebut dengan limbah radioaktif. Limbah radioaktif adalah zat yg telah tercemar atau telah menjadi radioaktif akibat penggunaan yg tidak terkendali atau terlepas dari pengawasan.
      Nah hal ini lah yg membuat radioaktif itu menjadi berbahaya. Namun selama penggunaan radioaktif ini terkendali dan mendapat pengawasan juga pengelolaan yg tepat,radio aktif akan tetap bisa dimanfaatkan. Tak hanya di bidang kedokteran atau nuklir tapi juga di bidang” lainnya. Kegunaan radioaktif di bidang lain bisa di lihat di link ini http://keradioaktifan.tripod.com/kegunaan_bahan_radioaktif.htm

      terimakasih :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s