Posted on

Penemuan Unsur Radioaktif


Sejarah penemuan zat radioaktif diawali dengan ditemukannya sinar X oleh Wilhelm Conrad Roentgen pada tahun 1895. Setelah itu, para ilmuwan menyadari bahwa beberapa unsur dapat memancarkan sinar-sinar tertentu, meskipun pada waktu itu para ilmuwan belum memahami hakikat sebenarnya dari sinar-sinar tersebut serta mengapa unsur-unsur memancarkannya.

Pada tahun 1896, Henri Becquerel, fisikawan Perancis berusaha mendapatkan sinar X dari suatu batuan yang mengandung garam uranium. Secara tidak sengaja, batuan tersebut dibungkus dengan kertas hitam dan diletakkan di atas plat film itu, ia sangat terkejut karena bagian film pada tempat garam uranium diletakkan menjadi gelap. Dari hasil penelitiannya, diketahui bahwa penyebab gelapnya bagian plat foto adalah radiasi berdaya tembus kuat, bahkan lebih kuat dari sinar X, yang dipancarkan secara spontan oleh garam uranium tanpa harus disinari terlebih dahulu. Radiasi spontan garam uranium terjadi karena mengandung unsur uranium yang bersifat radioaktif. Peristiwa radiasi spontan ini kemudian disebut keradioaktifan, sedangkan zat yang yang bersifat radioaktif disebut dengan zat radioaktif.

Pada tahun 1898, Marie Sklodowska Curie dan oleh suaminya, Pierre Curie menemukan unsur radiaktof lainnya dari mineral pitchblende yaitu polonium dan radium. Nama unsur polonium diambil dari nama negara asal Marie Sklodowska Curie, yaitu Polandia, sedangkan nama unsur radium diambil dari bahasa Yunani “radiare” yang artinya bersinar.

Pada tahun 1903, Ernest Rutherford mengemukakan bahwa sinar radioaktif dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan muatan mereka. Sinar radioaktif yang bermuatan positif diberi nama sinar alfa, dan tersusun dari inti-inti helium. Sinar radioaktif yang bermuatan negatif diberi nama sinar beta, dan tersusun dari elektron-elektron. Sementara itu, Paul Ulrich Villard menemukan jenis sinar radioaktif yang ketiga, yaitu sinar gama yang tidak bermuatan. Sinar gama adalah suatu bentuk radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang yang lebih pendek dari sinar X.

About these ads

10 responses to “Penemuan Unsur Radioaktif

  1. mau tanya nih? katanya kan percobaan Henri Becquerel, fisikawan Perancis menemukan zat radioaktif yang lebih kuat dari sinar X. boleh minta urutan zat radioaktif dari yang lemah sampai pling kuat?

    • Dalam penemuan tersebut, yang dijadikan patokan bukan zat radioaktifnya tapi sinar radioaktif yang dihasilkannya. Jika diurutkan, radiasi daya tembus sinar alfa < radiasi daya tembus sinar beta < radiasi daya tembus sinar gama.

      Radiasi sinar gama inilah yang lebih kuat dari sinar X. Namun, kedua merupakan sinar yang sejenis dengan panjang gelombang pendek.

  2. hendra akhdhiat ⋅

    tentu penemuan Rontgen itu sangat penting. tapi kenapa ya koq kita tidak boleh sering-sering di rontgen ? boleh dong dijelaskan ya

    • jadi begini pak,rontgen itu sendiri kan mengandung zat radioaktif,nah disini kita akan sedikit mengulas tentang radio aktif yg masuk ke tubuh kita akibat rontgen. Walaupun energi yang ditumpuk sinar radioaktif pada tubuh relatif kecil tapi hal tersebut dapat menimbulkan pengaruh yg besar,atau malah akibatnya bisa fatal. Hal ini karena sinar radioaktif dapat mengakibatkan ionisasi, pemutusan ikatan kimia yang penting dalam tubuh atau membentuk suatu radikal bebas yang sangat reaktif. Ynag dimaksud dengan ikatan kimia penting misalnya ikatan pada struktur DNA dalam kromosom. Perubahan yang terjadi pada struktur DNA akan diteruskan pada sel berikutnya yang dapat mengakibatkan kelainan genetik, kanker dll.
      Pengaruh radiasi pada manusia atau mahluk hidup juga bergantung pada waktu paparan. Suatu dosis yang diterima pada sekali paparan akan lebih berbahaya daripada dosis yang sama dan diterima pada waktu yang lebih lama.
      pada kenyataannya kita mendapat radiasi dari lingkungan,dan ini adalah hal yg bersifat alami misalnya radiasi sinar kosmis atau radiasi dari radioakif alam. Disamping itu, dari berbagai kegiatan seperti diagnosa atau terapi dengan sinar X atau radioisotop.

  3. bet365

    hi I was fortunate to look for your subject in bing
    your post is fine
    I obtain a lot in your blog really thank your very much
    btw the theme of you blog is really exceptional
    where can find it

  4. I have browsed most of your posts. This post is probably where I got the most useful information for my research. Thanks for posting, maybe we can see more on this. Are you aware of any other websites on this subject.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s